Bidikan Kamera Analog dalam Pameran Fotografi FISIP UNS 2017

Seremonial pembukaan Pameran Basic Training Ketua FFC

Dewasa ini fotografi sudah merupakan salah satu bentuk gaya hidup masyarakat global dimana peralatan pendukung untuk dunia fotografi tersebut semakin mudah dan murah dan bahkan tidak dapat terpisahkan dari masyarakat itu sendiri. Hal ini sejalan dengan perkembangan dan keberadaan kamera itu sendiri  dari yang analog hingga yang paling canggih sekalipun, bahkan dengan gadget yang setiap hari ada dan tertenteng manis dan senantiasa dibawa kemana pun pergi dapat digunakan sebagai alat untuk merekam dan mengabadikan  peristiwa yang terjadi.

Antusiame beberapa pengunjung saat menikmati pameran foto di Public Space 2 FISIP UNS

Dengan tidak melupakan sejarah masa lalu dalam perkembangan dunia fotografi yang ada selama ini, salah satu unit kegiatan mahasiswa yang tergabung dalam FISIP Fotografi Club atau FFC  kembali menggelar pameran hasil karya para anggotanya dengan tajuk “Pameran Basic Training 2017”   yang dilaksanakan  Senin-Rabu, 20-22 Nopember 2017 di Public space 2 FISIP UNS. Pameran  Basic Training 2017 ini merupakan kelanjutan  dari  hunting lokasi para anggota FFC  di kawasan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar yang terkenal dengan keindahan alamnya  dengan menggunakan kamera analog dan roll film,   dimana dalam penggunaannya  sangat membutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam meilih dan melah suatu obyek foto sehingga menghasilkan karya yang bernilai tinggi.

Pemilihan penggunaan kamera analog ini sendiri menurut salah seorang panitia Dinda menyebutkan selain memberikan pemahaman dan pengetahuan tentan basic dunia fotografi  yang berkembang hingga menjadi seperti sekarang ini  juga memberikan pengalaman yang berbeda kepada para pesertanya karena kamera analog dan roll film  saat ini mungkin sangat jarang bisa dijumpai lagi keberadaannya. Banyak karya foto  telah dihasilkan selama proses hunting bersama tanggal 4-5 November 2017 kemarin,  dan dipilih  37 foto  yang telah dikurasi  oleh para kreator foto terkait kegiatan masyarakatnya, keindahan alamnya serta human interes yang terkandung didalamnya.

Dalam pelaksanaan pameran basic training 2017 ini juga ada sharing terkait dunia fotografi dengan menghadirkan para kurator foto alumni anggota FFC dari Antara Jakarta. Selain itu untuk memberikan apresiasi terhadap para peserta pameran basic training 2017, panitia juga mengajak  para pengunjung  pameran untuk  menulis kesan dan pesan serta memberikan 3 suara/vote terhadap foto yang dianggap menarik yang nanti diakhir acara pameran akan diumumkan sebagai foto terbaik dalam pameran 2017 ini. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: