Maksimalkan Potensi Mahasiswa, Bidang III FISIP Selenggarakan AMT bagi Mahasiswa Dua Angkatan Sekaligus

Dalam Peraturan Rektor  Universitas sebelas Maret Nomor 902/UN27/HK/2016 tentang Sisitem Penilaian Kegiatan Mahasiswa  menyebutkan ada empat kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh mahasiswa UNS yaitu Program Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB),  Emotional Spiritual Quotient (ESQ),  Pekan Kreatifitas Mahasiswa PKM) dan  Achievement Motivation Training (AMT).

Achievement Motivation Training pertama kali diperkenalkan oleh guru besar Psikologi Harvard University yaitu Prof. David McClelland tahun 1962. Model pelatihan ini telah diuji coba terhadap berbagai sasaran peserta maupun tempat dan ternyata berhasil mendorong semangat peserta untuk berprestasi dalam bidang pekerjaan masing-masing Achievement Motivation Training (AMT) adalah sebuah program pelatihan untuk pengembangan diri khususnya dalam hal peningkatan motivasi berprestasi peserta.

Sebagai salah satu  dari empat kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh mahasiswa UNS ini, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FISIP UNS menyelenggarakan  kegiatan AMT untuk mahasiswa Program S1 dan Diploma III angkatan 2016 dan 2017, pada hari Sabtu-Minggu, 18-19 November 2017 di area FISIP UNS dengan narasumber Dr. Sutopo, MS, Dra. Trisni Utami, M.Si dan Rafika Nur Kusumawati, S.Psi.MA.  dengan metode pembelajaran yang digunakan Andragogi system (Partisipatori) yang  terdiri dari penyampaian materi,  simulasi , (workshop), game ( ice breaker ),  diskusi kelompok, dan teknik presentasi dan tanya jawab

Hasil akhir dari kegiatan AMT ini menurut Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni FISIP UNS Eko Hasto Nugroho, M.Si  adalah semua  peserta pelatihan dapat menggali potensi dirinya, serta mengetahui kekuatan dan kelemahannya,  sehingga tahu cara untuk memaksimalkan kekuatan yang dimiliki dan meminimalisir  kelemahannya agar menjadi pribadi yang berprestasi dalam berkarya dan proses pembelajaran selama di FISIP UNS ini. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: