Pentingnya Laboratorium Menggugah Prodi Sosiologi Menyelenggarakan Pelatihan Pengembangan Laboratorium Sosiologi

Laboratorium merupakan  tempat, situasi  atau  sesuatu yang dikondisikan  sebagai sebuah tempat  dan aktifitas  yang digunakan sebagai pusat studi eksperimental dalam suatu ilmu pengetahuan untuk kegiatan observasi,  menguji,  menganalisis  dan  praktek dalam studi lapangan di suatu laboratorium penelitian, hal ini disampaikan oleh Drs. Yulius Slamet, M.Sc , Ph.D  yang bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pengelola dan Instruktur Praktikum Laboratorium Prodi Sosiologi FISIP UNS dengan moderator Drs. Th. A. Gutama, M.Si, Rabu, 1 November 2017 di Hotel Pose In Solo kemarin.

Menurut Kepala Prodi  Sosiologi FISIP UNS Dr. Ahmad Zuber S.Sos, DEA, Laboratorium Sosiologi akan dijadikan  sebagai pusat kajian studi sosiologi yang dapat memberikan penguatan materi terkait pelatihan riset ilmiah  sehingga dapat memberikan pemikiran yang inovatif dalam menghasilkan  penemuan penting  dan kritis melalui penelitian. Laboratorium Sosiologi  FISIP UNS saat  ini  memiliki visi sebagai pusat penunjanga pembelajaran sosiologi berbasis kritis dalam pembelajaran dan pengembangan sosiologi dari tingkat pemahaman hingga praktik sebagai sumbangsih masalah krisis social dalam dunia  akademik kemasyarakata dengan tugas pokok diantaranya adalah tata kelola laboratorium yang berkualitas prima.  Dengan pelatihan yang diselenggarakan ini diharapkan sumber daya yang terlibat baik dosen, mahasiswa, alumni bahkan masyarakat dapat memberikan sumbangsih berupa referensi ilmu dalam proses up grading keahlian dan profesionalitas laboran dan laboratorium prodi sosiologi sendiri dalam ikut berkontribusi demi kemajuan Prodi Sosiologi FISIP UNS.

Kegiatan pelatihan pengembangan pengelola dan instruktur Laboratorium Sosiologi FISIP UNS ini diikuti oleh dosen, pengelola laboratorium sosiologi  dan perwakilan mahasiswa, yang dibarengkan juga dengan kegiatan penyerahan kenang-kenangan Dosen dari Prodi Sosiologi yang purna Tugas  di tahun 2017 ini yaitu Prof. Dr. RB. Soemanto, M.A dan Dra Suyatmi, M.S oleh Kaprodi Sosiologi Dr. Ahmad Zuber, S.Sos,DEA . (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: