Pertunjukan Edutaintment Wayang Kulit Prodi Hubungan Internasional FISIP UNS 2017

Selasa, 19 September 2017 bertempat di Monumen Bu Tien Soeharto, Jaten, Karanganyar Program Studi Hubungan Internasional FISIP UNS kembali mengadakan perhelatan rutin tahunan “ Wayang Edutainment “ untuk menyambut mahasiswa baru Prodi Hubungan Internasional angkatan 2017. Tahun 2017 ini “ Wayang Edutainment “ digelar dengan mengambil  lakon Karno Tanding, dengan dalang Prof. Dr. Andrik Purwasito, DEA (Ki Andrik Purwasito Purwahadiningrat) sekaligus Kepala Program Studi Hubungan Internasional FISIP UNS.

Lakon Karno Tanding bercerita tentang pertikaian perang Bharatayudha antara pihak aliansi Pandawa dan aliansi Kurawa (Astinapura) yang menyeret dua bersaudara tunggal ibu , yaitu Adipati Nawangga, Basukarna  yang membela pihak Astinapura dan Arjuna dari pihak Pandawa. Arjuna sebagai salah satu andalan aliansi Pandawa sebenarnya enggan untuk melawan saudara beda ayahnya, tapi di sisi lain , Karna tetap akan melawan saudaranya tersebut karena konsistensi membela pihak Astinapura. Di klimax lakon ini, akhirnya Karna tewas ditangan Arjuna setelah terprovokasi oleh Prabu Kresna ketika mengangkat roda kereta perangnya.

Serangkaian acara pewayangan ini dimulai pada pukul 20.30 hingga pukul 02.00 dini hari WIB, dan  dihadiri keluarga besar Hubungan Internasional FISIP UNS, Wadek Bidang Kemahasiwaan dan Alumni FISIP UNS dan  masyarakat sekitar pecinta wayang. Perhelatan ini sendiri  diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya disusul dengan pembacaan geguritan “Jaman Edan“ oleh Ignasio Romero, pembawaan tarian Jawa “Srikandi Bisma“ oleh Pradipta Chandra dan Yuanita Fatmawati, penampilan Stand Up Comedy  sebagai perpaduan trend masa kini  oleh  Aditya Dwinda Pratama dan Ahmad Ainun Najib, dan semua mahasiswa ini adalah mahasiswa Hubungan Internasional FISIP UNS angkatan 2017. Selain itu juga ada penampilan dari Choir Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasiona (Himaters)  FISIP UNS yang membawakan beberapa lagu Jawa yang diiringi oleh gamelan, seperti lagu Stasiun Balapan, Prau Layar, dan Bengawan Solo.

Setelah Choir Himaters memberikan penampilan apiknya lalu dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh Bp. Sumaryono Ibrahim dan sambutan oleh Bp. Sutopo, M.S selaku Wadek bidang  Kemahasiswaan dan Alumni FISIP UNS sekaligus membuka  pagelaran malam itu. Acara ini juga  dimeriahkan dengan penampilan Sinden asal Hongaria, Agnez Serfozo selaku bintang tamu beserta sejumlah pecinta dan penggiat seni tradisional dari Karesidenan Surakarta dan  pemberian door prize berupa  2 buku karya Prof. dr. Andrik Purwasito, DEA.

Menurut Prof Dr. Andrik  Purwasito DEA, pertunjukan wayang edutainment ini juga dimaksudkan sebagai orientasi mahasiswa baru Prodi Hubungan Internasional  yang terkait dengan program matakuliah Pengantar Ilmu Politik , Teknik Negoisiasi dan Lobi, Pengantar Ilmu Hubungan Internasional, dan Teori Diplomasi. Selain itu pertunjukan wayang edutaiment ini   juga dimanfaatkan sebagai media komunikasi dan interaksi  tahunan Prodi Hubungan Internasional FISIP UNS ke kalangan masyarakat.luas. (Maryani FISIP UNS, foto Arief Noortanto)

print

Share This: