FISIP UNS, PNRI Dan Kemendikbud RI Sosialisasikan Tutorial Lagu Indonesia Raya

Rabu, 6 September 2017 bertempat di Ruang Seminar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP  UNS) telah diselenggarakan acara  ngobrol bareng bersama sivitas akademik UNS tentang “Bunyi Merdeka-Tutorial Indonesia Raya”,  dengan narasumber Direktur Kesenian Direktorat Jendral Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesai, Dr. Restu Gunawan, M.Hum, Kepala Perum Percetakan Negara RI (PNRI) Cabang Surakarta Lokananta Miftah C Zubir dan akademisi  FISIP  UNS Akhmad Ramdhon, S.Sos,M.Si. Acara ini juga dihadiri oleh ratu keroncong Hajjah Waljinah dan Sruti Respati .

Menurut  Restu Gunawan, sosialisasi ini dimaksudkan sebagai pembelajaran dan kajian terkait bagaimana menyikapi cara menyanyikan lagu Indonesia yang selama ini berbeda. Tidak seragamnya notasi dan standar yg digunakan memerlukan standarisasi baku karena lagu Indonesia raya merupakan identitas bangsa. Tutorial Indonesia 3 Stanza ini merupakan sosialisasi awal yang digelar dan akan disosialisasikan selanjutnya di kota-kota  lain di Indonesia. Beliau juga menyampaikan bahwa saat ini pemerintah telah merekam ulang lagu Indonesia Raya dalam lima versi yakni piano, unison, fanfare, orkes simponi dan orkes harmoni, walaupun dalam implementasinya nanti masih diperkenankan pakai satu stanza atau tiga stanza tidak menyalahi aturan, karena belum ada aturan bakunya.

Sedangkan Miftah C. Zubir menyampaikan sosialisasi tutorial lagu kebangsaan Indonesia Raya ini nantinya akan disosialisasikan dan didistribusikan secara meluas pada masyarakat  diseluruh penjuru nusantara.  Selain itu juga sebagai  upaya untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap Lokananta yang nyaris terlupakan. saat ini, padahal saat berdiri pada 29 Oktober 1956 hingga awal tahun 1990-an, Lokananta pernah menjadi bagian penting dalam perjalanan musik di Tanah Air, saat menyampaikan paparannya di Ruang seminar FISIP UNS kemarin. (Maryani FISIP UNS, Foto Jagat Press Nasional Solo)

print

Share This: