Kuliah Dosen Asing di Magister Administrasi Publik

Salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Program Studi Magister Administrasi Publik (MAP) Universitas Sebelas Maret adalah penyelenggaraan kuliah dari dosen asing. Pada semester Agustus 2017-Januari 2018 Prodi MAP melibatkan dosen dari Graduate School of Public Administration (GSPA) Burapha University Thailand, Dr. Rithikorn Siriprasertchok, untuk memberikan materi dalam mata kuliah Etika dan Perilaku Administrasi Publik yang rencananya akan diampu oleh dua dosen lain dari Prodi MAP yaitu Dr. Didik G. Suharto, M.Si dan Rino Ardian Nugroho, S.Sos,M.TI, Ph.D.

Keterlibatan dosen dari Burapha University Thailand tersebut juga merupakan tindak lanjut dari pembicaraan kerjasama antara UNS dengan Burapha University. Kuliah perdana Dr. Rithikorn Siriprasertchok telah dilaksanakan pada 4 September 2017 diikuti oleh mahasiswa baru Prodi MAP angkatan 2017 di Gedung 3 FISIP UNS. Nantinya Dr. Kendo panggilan akrab Dr. Rithikorn Siriprasertchok akan memberi materi antara lain: urgensi dan eksistensi ilmu administrasi publik, administrasi publik dan standar kualitas hidup yang baik, good governance dan elemen-elemen penopangnya, konsep demokrasi (arti dan unsur), serta konsep check and balance dalam demokrasi.

Dari pertemuan perdana dalam kuliah dosen asing oleh Prodi MAP ini, para mahasiswa MAP cukup antusias  mengikuti perkuliahan karena  disampaikan dengan menarik. Menurut Dr. Didik G. Suharto, M.Si selaku Kepala Prodi MAP kegiatan seperti ini akan terus dikembangkan dengan lembaga-lembaga mitra yang telah melaksanakan kerjasama sebelumnya dengan prodi MAP maupun FISIP UNS. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: