Lokakarya Penyempurnaan Buku Pedoman Akademik FISIP UNS Tahun 2017

Rabu, 30 Agustus 2017 bertempat di Hotel Pose In Solo diselenggarakan kegiatan “Lokakarya Penyempurnaan Buku Pedoman Akademik S1 Reguler dan Diploma III FISIP Tahun 2017” yang dihadiri pimpinan fakultas beserta jajarannya, tim jaminan mutu (Jamu), tim kurikulum  fakultas serta admin prodi baik program sarjana (S1) maupun diploma (DIII).

Dalam sambutannya Dekan FISIP UNS Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si menyampaikan tuntutan tertib administrasi merupakan suatu keharusan di era saat ini. Bukan berarti sebelumnya FISIP UNS belum tertib administrasi tetapi tuntutan dari universitas maupun dari kementerian beberapa data masih belum terintegrasi sehingga saat dibutuhkan terkadang masih kesulitan mencari atau  terkadang data disatu tempat dengan tempat yang lain berbeda. Selain itu pembaruan data dan informasi secara periodik dalam suatu organisasi sangat penting dan vital  karena dapat dimanfaatkan untuk beberapa kepentingan seperti untuk melihat indikator kinerja sebuah institusi, pengisian borang akreditasi program studi dan permohoan data dari institusi lain. Untuk itu diperlukan koordinasi diantara semua unit yang ada  agar tercipta  data yang akurat dan akuntabel termasuk dalam bidang akademik yang banyak mengalami perubahan kurikulum maupun regulasi kebijakan akademik menyesuaikan dengan perkembangan keilmuan yang ada sehingga perlu dilakukan update data secara periodik.

Sedangkan Drs. Sudarmo, MA. Ph.D yang memimpin diskusi dan lokakarya  Penyempurnaan Buku Pedoman Akademik S1 Reguler dan Diploma III FISIP Tahun 2017  menyampaikan berkaitan dengan datangnya para mahasiswa baru S1 reguler dan Diploma III di FISIP tahun ajaran 2017 – 2018, maka diperlukan sumber-sumber informasi yang bisa memberikan  informasi secara komprehensif berbagai macam hal terutama yang berkait dengan kepentingan pelaksanaan akademik. Buku Panduan Akademik S1 reguler dan Diploma III merupakan panduan bagi mahasiswa baru S1 reguler dan Diploma III yang akan menempuh studi di FISIP UNS, sehingga dengan buku panduan tersebut mahasiswa dapat mengelola aktifitasnya selama menempuh studi dan pada akhirnya dapat lulus  serta mendapat  gelar sarjana  dengan waktu tempuh yang relatif singkat dan capaian Indeks prestasi kumulatif (IPK)  yang maksimal  sebagai indikasi kemampuan penyerapan materi kuliah yang pada masing-masing program studi (prodi ) yang ditempuh.

Adapun maksud dan tujuan dari lokakarya penyempurnaan buku panduan akademik S1 dan Diploma III  tahun 2017 menurut Kasub Bagian Akademik Aris Surjanto,S.Sos  adalah  untuk menginventarisir kembali data – data lama yang ada di dalam Buku Panduan Akademik kemudian diganti dengan data –data yang terbaru, memberikan muatan-muatan baru di dalam Buku Panduan Akademik yang dibutuhkan oleh mahasiswa sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang ada. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: