Visitasi Reakreditasi Prodi DIII Komunikasi Terapan FISIP UNS

Akreditasi  perguruan tinggi  merupakan suatu bentuk pengakuan pemerintah terhadap suatu lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta. Akreditasi dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi  (BAN-PT) yang merupakan lembaga akreditasi yang  menjadi rujukan nasional dan internasional dalam mendukung terwujudnya sistem pendidikan tinggi yang unggul dan berkarakter. Akreditasi  BAN PT juga dijadikan  standar dalam mempertanggung jawabkan mutu atau kualitas akademik dari sebuah Program Studi pada stakeholdernya.  Biasanya proses akreditasi BAN PT ini dilakukan 5 tahun sekali, akan tetapi apabila ada Program Studi telah melakukan evaluasi diri dan menetapkan bahwa Program Studinya telah mengalami peningatan kualitas yang signifikan maka Program Studi tersebut dapat mengajukan proses reakreditasi sebelum 5 tahun.

Saat ini akreditasi Prodi menggunakan sistem baru  yaitu Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO)BAN-PT, 2017. SAPTO yang bertujuan  untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas akreditasi PT. Proses yang harus dilaksanakan oleh Prodi yang akan melaksanakan akreditasi melalui tahap pendaftaran, proses dokumen AK dan AL, interaksi BAN-PT, PT dan Asesor. Selain itu setiap Prodi yang mengajukan rekreditasi harus mengajukan  borang maksimal 6 bulan sebelum masa berlaku akreditasi tersebut habis. Dan Prodi DIII Komunikasi Terapan  akan habis masa berlakukanya pada Januari 2018. Dengan penggunaan sistem yang baru yaitu SAPTO banyak data yang diperoleh langsung dari Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) beberapa data  perlu dilakukan kroscek  sehingga apa yang dimaksud sesuai dengan yang sebenarnya

Senin 20 Agustus 2017 Program Studi Diploma III Komunikasi Terapan FISIP UNS dengan tiga  minat utama Penyiaran, Periklanan dan Hubungan Masyarakat  menerima visitasi dari Tim Asesor  BAN PT  yaitu  Dr. Catur Suratnoaji, M.Si dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur dan Prof. Dr. Hafied Cangara, M.Sc dari Universitas Hasanudin Makasar. Dalam sambutannya Dekan FISIP UNS berharap semoga  hasil visitasi akreditasi Prodi DIII Komunikasi Terapan FISIP UNS oleh Tim Asesor BAN PT  dapat berjalan lancar dan berhasil meraih akreditasi A, tak lupa Beliau menyampaikan terimakasih atas kerja keras dari semua tim dalam membantu proses visitasi akreditasi borang ini.(Maryani FISIP UNS)

.

print

Share This: