Kerjasama dengan Burapha University dan Rencana Penyelenggaraan ICPM 2018

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret dalam mengembangkan program internasionalisasi  pada tanggal 16 s/d 20 Juli 2017 mengirimkan delegasi ke Thailand. Pengiriman delegasi tersebut secara khusus bertujuan mendiskusikan teknis kerjasama dan persiapan penyelenggaraan International Conference on Public Management (ICPM) tahun 2018, dimana UNS sebagai salah satu co-host. Delegasi FISIP UNS dipimpin oleh Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni (Dekan), disertai Drs. Sudarmo, Ph.D (Wakil Dekan bidang Akademik), Dr. Didik G. Suharto (Kepala Prodi Magister Administrasi Publik, dan Rino Ardhian Nugroho, Ph.D (Tim Internasionalisasi FISIP).

Jpeg

Kunjungan pertama dilakukan di Graduate School of Public Administration (GSPA) Burapha University Thailand, dengan agenda utama yaitu: mendiskusikan kebijakan kolaborasi, desain dan rencana pembuatan konsorsium penelitian internasional tentang social and public affairs, dan merencanakan visiting lecture. Selain pembicaraan bilateral antara FISIP UNS dan GSPA Burapha University, delegasi UNS bersama-sama dengan co-host ICPM yang lain (meliputi beberapa universitas dari Indonesia, Thailand, dan China) membicarakan pelaksanaan ICPM yang direncanakan diselenggarakan tahun depan. Fokus diskusi adalah perencanaan detail penyelenggaraan ICPM dan sekaligus peninjauan tempat akan berlangsungnya ICPM.

Delegasi FISIP UNS juga melakukan kunjungan dan penjajagan kerjasama dengan Faculty of Political Science and Public Administration Chiang Mai University. Chiang Mai University merupakan salah satu universitas terkemuka di Thailand. Delegasi dari FISIP UNS diterima langsung oleh Dekan Faculty of Political Science and Public Administration Chiang Mai University Ora-orn Poocharoen, Ph.D. Kesamaan bidang ilmu (program studi) antara FISIP UNS dan Faculty of Political Science and Public Administration Chiang Mai University membuka peluang kerjasama di masa mendatang.

Menurut Dr. Didik G. Suharto dalam wawancara singkat , diperoleh hasil kesepakatan dalam pertemuan tersebut sebagai berikut : (1) para peserta  delegasi setuju untuk melembagakan kerjasama dalam bentuk konsorsium riset untuk meningkatkan internasionalisasi, (2). Para delegator  sepakat dengan masuknya anggota baru yaitu Chiang Mai University untuk menjadi penyelenggara ICPM 2018. dan (3) Bagi FISIP UNS sendiri , Prodi MAP UNS bersepakat dengan Burapha University untuk menginisiasi staf pengajar internasional mulai semester September Januari tahun 2017.(Maryani FISIP UNS)

print

Share This: