FISIP UNS Selenggarakan International FGD Bersama The Asia Network United State of America

 

Salah satu bagian dari Tri Dharma perguruan Tinggi adalah mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat (P2M) supaya dikenal oleh masyarakat. Pengenalan hasil P2M kepada jejaring akademisi dari luar negeri akan memperluas peluang penyebaran dampak citra institusi kepada dunia. Untuk menambah jumlah publikasi para akademisi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP UNS) FISIP UNS di jejaring internasional dirasa perlu untuk memperluas jejaring forum diseminasi karya Grup Riset FISIP UNS dengan para akademisi dari luar negeri.

Acara International Workshop dengan Tim dari The Asia Network United State of America adalah salah satu kegiatan yang dapat berdampak pada perluasan jaringan diseminasi hasil karya inovatif dari tim Riset Group FISIP UNS. Hasil kolaborasi antara KPPF dan tim Internasionalisasi FISIP UNS terselenggara even kegiatan dalam upaya peningkatan diseminasi karya inovatif  melalui International  workhshop: International Focus Group Discussion on Social and Political Issues in Indonesia ”  yang dselenggarakan Kamis-Jumat,  20-21 Juli  2017 di Hotel Sahid Jaya Surakarta.

 Kegiatan ini dihadiri oleh 12 akademisi dari 10 Universitas di Amerika Serikat  yang tergabung dalam The Asian Network of America tersebut adalah  yaitu Linda Smith  (bidang keahlian Humanities dari Hawkeye Community College), Jessie Mills (Bidang ilmu theater dari Wabash Colege), Seungsook Moon (bidang Sociology dari Vassar College), Marjorie Rhine (Bidang Ilmu Literatur dari University of Wisconsin Whitewater), Zhihong Chen (bidang keahlian sejarah  dari Guilford College), Rachel Core (Stetson University  Sociology), Qingjun Li (bidang keahlian Asian Studies / Chinese dari Belmont University), Krista Gulbransen (bidang keahlian Seni dan sejarah dari Whitman College), Audrey Golden (bidang keahlian studi tentang Inggris dari Coe College), James Godde ( Monmtn College) dan Xia Shi (New College of Florida).

Menurut Penanggung jawab kegiatan Dr. Rutiana Dwi Wahyunengseh, S.Sos, M.Si, salah satu komitmen dari forum ini adalah menjadikan hasil diseminasi grup riset FISIP UNS ini akan diintegrasikan dalam bahan perkuliahan mereka sebagai  isu-isu yang berkembang di Indonesia, terkait ) gender Issues in Indonesia; (2) Environmental Issues, decentralization and governance in Indonesia (3) Javanese Culture and Religion; (4) Social Order and Social Integration serta tanggapan dari mitra atas isu hasil penelitian dna pengabdian masyarakat yang didesiminasikan oleh Tim RG Fisip UNS dan peluang kolaborasi kerjasama dan penelitian antar peneliti ataupun antar institusi untuk pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat nantinya yang berdampak pada tercapai indeks kinerja fakultas  dan universitas serta Bertambahnya jumlah citasi hasil penelitian RG dan institusi Fisip UNS  sebagai upaya pengenalan Institusi FISIP UNS di jaringan Internasional.

Dalam sambutannya Dekan FISIP UNS Prof. Dr.  Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si menyampaikan bahwa kedatangan para akademis dari The Asiannetwork ini merupakan salah satu langkah awal menuju pemantapan kerjasama yang telah dilakukan sebelumnya antara UNS dengan beberapa intitusi pendidikan di Amerika yang telah diawali oleh Prof Siti Kusujiarti dari Warren Wilson College   sebagai mitra kerjasama   dari kunjungan AsiaNetwork  kali ini. Beliau berharap nantinya dari kunjungan dan kerjasama ini akan terjadi kolaborasi  riset yang kompleks diantara semua institusi yang hadir saat ini yang dapat berkontribusi positif demi kemajuan ilmu pengetahuan nantinya. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: