Persiapkan Masuki Dunia Kerja, Prodi DIII Manajemen Administrasi Selenggarakan Kunjungan Mitra

Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja dan menjalin kerjasama dengan lembaga mitra serta upaya  membuka peluang tempat magang maupun lapangan pekerjaan bagi mahasiswanya, Prodi DIII Manajemen Administrasi FISIP UNS menyelenggarakan kegiatan pengembangan layanan karir dan alumni bagi mahasiswanya lewat  rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (Field trip)  di lembaga mitra.

Kunjungan Mahasiswa ke lembaga mitra ini dilaksanakan Rabu, 12 Juli 2017,  berangkat dari Solo pukul 06.00 WIB. Kunjungan dilaksanakan   di PT Sinar Sostro Ungaran dan  Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah,  yang diikuti oleh  89 mahasiswa (Prodi D3 MA angkatan 2015) dengan 4 pembimbing yaitu  Endang Martini, S.Pd, M.Si,  Irsyadul Ibad, SAP, M.A,  Joko Purwoko dan admin Prodi Budi Astriani.

Menurut Endang Martini selaku pembimbing kegiatan,  kunjungan ini dilatarbelakangi adanya fakta dimana secara garis besar lulusan pendidikan vokasi  diharapkan dapat mengetahui secara langsung tentang ketrampilan yang dibutuhkan oleh lembaga mitra  berdasarkan kapasitas para lulusan Prodi DIII Manajemen Administrasi FISIP  itu sendiri, disamping sebagai pembelajaran tentang penyesuaian  sarana dan prasarana pendukung kapasitas lembaga FISIP UNS dalam menyesuaikan diri dengan kebutuhan pasar kerja. Selain itu  semua mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini dapat melihat secara langsung proses dalam bekerja, agar mahasiswa mempunyai gambaran setelah lulus perguruan tinggi dapat membuka peluang kerja sendiri  atau mendapat kesempatan bekerja ditempat yang representatif nantinya.

Sebagai gambaran kunjungan di PT Sinar Sostro, rombongan diterima di auditorium PT Sinar Sostro oleh Ibu Mega, selanjutnya  semua peserta diberikan penjelasan mengenai profil company oleh Ibu Friska. Setelah sesi pengenalan,  rombongan diajak berkeliling pabrik utuk mengetahui secara langsung proses pembuatan teh botol sosro kemasan botol, mulai dari pembersihan botol, cek standar botol yang digunakan kemudian diisi teh sosro dan diberi tutup sampai dengan botol di masukkan krat dan siap untuk didistribusikan. Setelah berkeliling acara dilanjutkan dengan istiahat dan tanya jawab di ruang auditorium.

Di  Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, rombongan dari FISIP UNS  di terima dan diberikan penjelasan mengenai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah oleh Kasi Pelayanan Ibu Retno Puspitosari, kemudian dilanjutkan dengan survey langsung ke depo arsip,  ruang movie mengenai arsip dan dibagian Tata Usaha. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: