Silaturohim dan Buka Bersama Sivitas FISIP UNS

Kamis, 15 Juni 2017, pukul 16.30 WIB, dan bertempat di Public Space 1 dan 2 telah dilangsungkan kegiatan silaturohim dan buka bersama sivitas FISIP UNS. Acara yang digelar dalam rangka menyambut Bulan Ramadan 1438 Hijriyah ini diikuti oleh jajaran pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan beberapa anggota keluarga FISIP UNS. Dalam sambutannya Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Drs. Hamid Arifin, M.Si menyampaikan kegiatan ini merupakan ajang silaturohim diantara semua sivitas akademik FISIP UNS yang diharapkan dapat menjalin persaudaraan sehingga mendukung kerjasama yang berdampak pada peningkatan kinerja FISIP UNS kedepan.

Hadir sebagai pembicara Dr. Ahmad Zuber, S.Sos, DEA yang menyampaikan tausyiah tentang makna barokah atau berkah yang diartikan sebagai “berkat” atau oleh-oleh yang dibawa dari acara hajatan atau tasyakuran sedangkan dikalangan pesantren mendefinisikan  barokah dengan jalbul khoir atau sesuatu yang dapat membawa kebaikan. Beliau juga menukil dalam kamus Al Munawwir, barakah (البركة) artinya adalah karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia. Sedang menurut Imam al Ghazali, berkah artinya ziyadatul khair, atau bertambah-tambahnya kebaikan. Semua orang mengharapkan sehat, panjang umur, dan berkecukupan. Tetapi Allah SWT memberikan barokah kepada siapa saja yang Ia kehendaki. Sebagai usaha manusia agar mendapat   barokah dari Allah SWT, beliau menyimpulkan ada lima yang harus dilakukan yaitu  taqwa,  menegakkan sholat;  mampu bersedekah/ bersodakoh,  mampu minta maaf jika merasa bersalah dan memaafkan orang lain jika dimintai maaf; dan yang terakhir adalah senantiasa berdo’a kepada Allah SWT agar mendapat  keberkahan hidup sepanjang waktu.

Untuk tilawah sekaligus imam sholat maghrib dalam kegiatan ini dilaksanakan oleh Muhammad Farhan Darn salah seorang mahasiswa dari program studi Ilmu Komunikasi yang hafidz Al Quran 30 juz. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: