Tingkatkan Publikasi, FISIP (kembali) Selengggarakan International Workshop

Dalam upaya meningkatkan kualitas fakultas, universitas dan sumber daya manusianya melalui publikasi  ilmiah internasional dalam wujud penerbitan buku dan prosiding yang terindeks scopus maupun mesin pengindeks lainnya,  Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) , Senin, 5 Juni 2017 di Syariah Hotel Solo kembali melaksanakan  international workshop  dengan tema “The challenges in writing scientific article for joint publication” yang dihadiri oleh beberapa dosen dan mahasiswa program pascasarjana dan doctoral di lingkungan UNS. Hadir sebagai narasumber Profesor Siti Kusujiarti, Ph.D,  Profesor Sosiologi,  dari Warren Wilson College, Amerika Serikat.

Dekan FISIP UNS Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si  memberikan apresiasi penyelenggaraan international workshop yang diselenggarakan oleh tim internasionalisasi FISIP UNS setelah sebelumnya juga telah menghadirkan narasumber dari Burapha University  dan pembicara dalam negeri untuk memberikan pendampingan  serta  membuka wawasan para peserta tentang bagaimana menulis prosiding konferensi  dalam jenjang internasional dalam event kegiatan Picking the right theme for publishing scientific articles on social and political issues in international conference” , Jumat, 26 Mei 2017 pukul 08.00-15.00 WIB di Hotel Sahid Jaya Solo bersama  Dr. Ritthikorn Siriprasertchok dari Burapha University yang memberikan pemaparan tentang “How to choose the right conference and get accepted” dan Dr. Slamet Rosyadi S.Sos, M.Si dari Universitas Jendral Soedirman Purwokerto Indonesia yang memaparkan tentang “How to write abstract that highly accepted in international conference”.

Dalam sambutannya Prof Ismi menyampaikan kegiatan ini sebagai bentuk technical assistance  atau pendampingan bagi calon-calon profesor, doktor dan program magister dimana merupakan salah satu syarat kelulusan di UNS ini. Selain itu dengan diselenggaranya kegiatan international workshop ini diharapkan dapat meningkatkan atmosfer akademik di FISIP UNS khususnya. Lebih jauh Dekan FISIP UNS  berharap dengan pendampingan ini nantinya banyak draf jurnal mahasiswa maupun dosen yang siap  disubmit ke konferensi internasional sehingga  semakin banyak dapat memberi kontribusi baik untuk FISI P sendiri maupun UNS dalam meningkatkan indikator kinerja yang ada selama ini. Selain itu dengan technical assistance   semoga dapat diperoleh  trik-trik atau kiat menembus publikasi internasional nantinya.

Sedangkan Rino Arhian Nugroho,M.TI,Ph.D,  Ketua tim Internasionalisasi  yang ditemui secara terpisah menambahkan  bahwa kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan yang diselenggarakan pada bulan Mei 2017 kemarin  dan pendampingan intensif bagi para akademisi baik dosen maupun mahasiswa FISIP UNS menjelang diselenggarakan Icosaps yang akan dilaksanakan September 2017 nanti.  Selain itu kegiatan ini juga bertujuan agar dosen dan mahasiswa  FISIP UNS mampu menyusun introduction dan metode penelitian yang sesuai  dan dapat diterima dalam  joint publication untuk konferensi internasional dibidang social politik sesuai dengan fakultas ini sehingga berdampak pada meningkatkan jumlah publikasi ilmiah internasionalyang terindeks dalam mesin pengindeks seperti scopus dan thomson reuters. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: