International Seminar: “Picking the right theme for Publishing Scientific Articles on Social and Political Issues in International Conference”

Dalam upaya meningkatkan jumlah publikasi ilmiah internasional khususnya prosiding terindeks scopus/Thomson reuters bagi dosen dan mahasiswa FISIP UNS serta memberikan pemahaman tentang bagaimana memilih tema paper yang tepat untuk konferensi bidang sosial dan politik yang terindeks scopus/Thomson reuters, FISIP UNS melalui tim Internasionalisasi yang diketuai oleh Rino Ardhian Nugroho, M.TI, Ph.D menyelenggarakan Kuliah tamu dosen asing yang dirangkai dalam kegiatan Seminar Internasional: “Picking the right theme for Publishing Scientific Articles on Social and Political Issues in International Conference” , Jumat, 26 Mei 2017 pukul 08.00-15.00 WIB di Hotel Sahid Jaya Solo dengan menghadirkan dua narasumber yaitu Dr. Ritthikorn Siriprasertchok dari Burapha University yang memberikan pemaparan tentang “How to choose the right conference and get accepted” dan Dr. Slamet Rosyadi S.Sos, M.Si dari Universitas Jendral Soedirman Purwokerto Indonesia yang memaparkan tentang “How to write abstract that highly accepted in international conference”.

Kegiatan ini selain diikuti oleh mahasiswa dari program sarjana juga diikuti oleh mahasiswa dari program pascasarjana di UNS dengan harapan dapat meningkatkan jumlah publikasi ilmiah internasional khususnya prosiding terindeks scopus/Thomson reuters bagi dosen dan mahasiswa FISIP UNS khususnya.

Menurut Ketua Penyelenggara Rino Ardhian Nugroho kegiatan ini dilatarbelakangi oleh harapan akan tercapainya publikasi bagi kalangan akademisi yang saat ini sudah menjadi suatu  keharusan dimana penggunaan mesin penindeks seperti scopus dan Thomson reuters menjadi salah satu tolok ukur bagi keberhasilan suatu publikasi agar dapat  ditemukan oleh akademisi lain atau tidak. Meskipun demikian masuk ke dalam daftar mesin pengindeks yang bereputasi internasional tidaklah mudah. Banyak akademisi yang belum mampu menghasilkan karya ilmiah yang diakui oleh mesin pengindeks tersebut. Padahal sebenarnya untuk bisa diakui oleh mesin tersebut, ada beberapa jalur yang bisa ditempuh, salah satunya adalah melalui konferensi yang prosidingnya terindeks. Cara ini dirasa lebih mudah jika dibandingkan menulis artikel di jurnal penelitian yang membutuhkan komitmen dan waktu lebih banyak.

Dalam sambutannya Dekan FISIP UNS Prof.Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni,M.Si kegiatan ini dapat digunakan sebagai langkah awal dalam upaya menambah jumlah publikasi akademisi FISIP UNS di Scopus maupun Thomson Reuters melalui jalur prosiding konferensi melalui  pendampingan dengan cara membuka wawasan tentang bagaimana menulis prosiding konferensi,  serta  mendapatkan pandangan yang berbeda dari berbagai disiplin ilmu yang ada. Dengan mengundang narasumber asing yang sudah berulangkali mengadakan konferensi terindeks dan narasumber local yang sudah pernah mendapatkan penghargaan best paper di konferensi internasional bergengsi  ini diharapkan hasil pendampingan akan penulisan karya ilmiah ini nantinya dapat bermanfaat untuk meningkatnya kualitas fakultas, universitas dan sumber daya manusianya lewat draft jurnal dari dosen dan mahasiswa yang siap untuk disubmit ke konferensi internasional yang berdampak pada bertambahnya jumlah publikasi ilmiah internasional dan indikator kinerja fakultas yang meningkat pula.

baca berita lain :International Seminar: “Picking the right theme for Publishing Scientific Articles on Social and Political Issues in International Conference”

Dalam sesi ini juga dilaksanakan penandatangan Letter of Agreement (LOA)  antara Burapha University, FISIP UNS, FISIP Universitas  Soedirman Purwokerto,  Universitas Jember,  Universitas Diponegoro Semarang, dan FIA Universitas Brawijaya. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: