FISIP UNS Jadi Tuan Rumah Workshop Penyelenggaraan Konferensi Internasional dan Publikasi Bersama Antar Universitas di Indonesia dan Thailand

Publikasi internasional merupakan keharusan bagi para akademisi yang ada di universitas manapun dan publikasi ini akan lebih mudah dilaksanakan secara bersama-sama antar universitas di dunia. Sehingga diperlukan usaha dalam membangun komitmen dan komunikasi di antara universitas itu agar  terwujudnya joint publication internasional.

Setelah tahun 2016 lalu menghadirkan pakar dari Burapha University, Thailand, Dr. Ritthikorn Siriprasertchok dalam kuliah pakar sebagai salah satu bentuk kolaborasi internasional, Kamis 25 Mei 2017 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali mengadakan workshop bertajuk “Workshop for International Joint Conference and Publication among Universities in Indonesia and Thailand” di Hotel Sahid Jaya, Surakarta. Acara ini dihadiri oleh representasi dari lima universitas di Indonesia yaitu UNS Surakarta, Unsoed Purwokerto, UNDIP Semarang, Universitas Jember, serta Universitas Brawijaya Malang, dan Burapha University, Thailand. Acara ini mendukung keberlanjutan kolaborasi yang telah terjalin antara lima universitas di Indonesia dengan pihak Burapha University Thailand yang tahun lalu terwujud melalui kegiatan kuliah pakar di Surakarta dan penyelenggaraan The 4th International Conference on Public Management (ICPM) di Kunming, China.

Dekan FISIP UNS, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa FISIP UNS berkomitmen memberikan dukungan penuh terhadap kolaborasi internasional yang telah terjalin, sehingga diharapkan melalui acara workshop kali ini, penyelenggaraan konferensi internasional serta kegiatan kolaborasi internasional lainnya di masa mendatang bisa dilaksanakan dengan lebih baik, mengingat pada pelaksanaan tahun lalu terdapat sedikit permasalahan terkait dengan pendanaan.

Menurut Monika Sri  Yuliarti, S.Sos,.M.Si  dalam releasenya, workshop yang dilaksanakan sejak pukul 10.00  pagi hingga setengah 11.00 malam ini diakhiri dengan perumusan kesepakatan terkait dengan kolaborasi internasional antara lima universitas di Indonesia dengan Burapha University Thailand. Salah satu kesepakatan tersebut adalah pembentukan konsorsium internasional di bidang ilmu sosial dan politik. Konsorsium ini akan mewadahi kegiatan kolaborasi internasional yang lebih luas daripada sekedar konferensi internasional saja, tetapi juga mencakup kolaborasi riset, publikasi bersama, multilateral student cultural camp, serta pertukaran mahasiswa dan pertukaran dosen.

baca juga :  Picking the right theme for Publising scientific articles on socoal and political issues in international conference

Rino Ardhian Nugroho, M.TI, Ph.D selaku Ketua Tim Percepatan Publikasi Ilmiah (Internasionalisasi) FISIP UNS menambahkan kegiatan ini bertujuan untuk menjembatani komunikasi dan komitmen antara pihak-pihak terkait  dalam  melakukan joint conference dan publication sehingga pada akhirnya mampu terwujud joint publication antara UNS dengan universitas lain di Indonesia dan Thailand baik dalam bentuk penerbitan buku dan prosiding bersama untuk meningkatkan jumlah publikasi FISIP UNS khususnya serta menyamakan persepsi dan menjalin kesepahaman antar universitas di Indonesia kedepan nantinya. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: