WORKSHOP DAN SCREENING FILM ETNOGRAFI HIMASOS 2017

Dalam upaya memberikan wawasan, pengetahuan, pelatihan   terkait seluk beluk etnik yang ada dalam film serta memperluas wawasan tentang Etnografi yang tidak dibahas dalam bangku perkuliahan terkait memberi wawasan, pengetahuan dan pelatihan yang barn tentang Etnografi di era Digital terhadap Mahasiswa pada umumnya dan Mahasiswa Sosiologi pada Khususnya” , Himpunan Mahasiswa Sosiologi (HIMASOS) FISIP UNS akan menyelenggarakan kegiatan  Workshop Dan Screening Film Etnografi yang dilaksanakan Kamis, 11 Mei 2017,  pukul  10.00 —15.00 WIB di Ruang Seminar FISIP UNS Surakarta

Kegiatan “Workshop Dan Screening Film Etnografi” ini, ditujukan kepada mahasiswa-mahasiswi pada umumnya dan mahasiswa-mahasiswi Sosiologi FISIP UNS pada khususnya dengan  pemateri yang mengisi workshop dan screening film adalah Dito Ardi F., Addin Kurnia Putri, S.Sos.  Bentuk kegiatan ini adalah screening film documenter Etnografi oleh sutradaranya dan memberikan penjelasan metode Etnografi oleh pemateri kepada peserta yang dihadiri oleh mahasiswa pada umumnya dan Mahasiswa Sosiologi pada Khususnya serta memberikan pelatihan dan teknik dengan menggunakan metode tersebut.

Menurut Pradipta Indro K, sebagai mahasiswa Sosiologi yang dalam perkuliahannya lebih sering berinterkasi dengan masyarakat luas, kita dituntut untuk tahu dan paham tentang berbagai jenis penelitian, salah satunya adalah etnografi. Istilah etnografi sebenarnya sudah tidak asing lagi terutama dalam ranah Sosiologi, walaupun istilah etnografi merupakan istilah antropologi yang juga merupakan embrio dari antropologi, tetapi bisa juga metode Etnografi di aplikasikan dalam metode penelitian Sosiologi. Penjelasan dari etnografi sendiri merupakan kajian tentang kehidupan dan kebudayaan suatu masyarakat atau etnik, misalnya tentang adat-istiadat, kebiasaan, hukum, seni, religi, bahasa. Bidang kajian yang sangat berdekatan dengan etnografi adalah etnologi, yaitu kajian perbandingan tentang kebudayaan dan berbagai masyarakat atau kelompok. Maka dari itu pantas saja jika etnografi menjadi salah satu kajian di dalam dunia Sosiologi. Terlebih lagi, kajian atau ilmu etnografi masih jarang dan sedikit di jelaskan dalam bangku perkuliahan. Sehingga, penting bagi mahasiswa khususnya mahasiswa sosiologi untuk mendalami metode etnografi apalagi bagi mahasiswa yang memang tertarik dalam bidang tersebut. Berdasarkan hal tersebut kami HIMASOS FISIP UNS 2016 ingin memberikan wadah untuk mahasiswa belajar lebih dalam mengenai etnografi melalui acara “Workshop Dan Screening Film Etnografi” (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: