FISIP UNS TERAPKAN “MEMO CAIR BERTAHAP”

Kabag TU FISIP UNS Retno Purwaningsih sedang memaparkan secara teknis memo cair bertahap yang akan diberlakukan di FISIP UNS mulai Mei 2017

Dalam rangka mewujudkan tata kelola yang baik dilingkungan FISIP UNS terkait penyajian data-data yang kongkrit,  lengkap dan akurat ,  pertengahan Mei 2017 FISIP UNS  mulai menerapkan pencairan anggaran dengan system  “memo cair bertahap“.  Kebijakan ini bertujuan untuk mewujudkan tata kelola yang  transparan, akuntabel, efektif dan efisien dalam laporan capaian kinerja. Karena laporan capaian kinerja merupakan instrument penting untuk mengetahui dan mengukur tingkat keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan visi dan misi dalam mencapai sasaran  dan tujuan yang  telah disusun dan ditetapkan.

Capaian kinerja yang baik salah satunya dapat dilihat  dari  terdokumentasi dan kemudahan akses  segala data dan informasi, adanya sinergi dan harmonisasi serta  koordinasi diantara unit terkait  pemahaman  dari unit-unit tersebut dalam hal ini prodi dan sub bagian akan pentingnya data dukung capaian kegiatan yang akan maupun yang sudah dilaksanakan.

Dalam sosialisasi memo cair bertahap yang diselenggarakan di Aula Kecil FISIP UNS, 8 Mei 2017, yang diikuti oleh para stakeholders di FISIP UNS, Dekan FISIP UNS Prof Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si, memberi apresiasi  positif karena  penerapan pencairan anggaran dengan “memo cair bertahap” ini bisa mengawal terdokumentasinya data dukung laporan capaian kegiatan masing-masing prodi/subbagian untuk mendukung pencapain  indeks kinerja fakultas atau key performance indicator (KPI) fakultas, untuk itu Beliau  menghimbau kepada  seluruh jajarannya untuk berkomitmen meningkatkan kinerja fakultas ini salah satunya tertib administrasi dengan cara mendokumentasikan semua kegiatan yang akan dan sudah dilaksanakan berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Kabag Tata Usaha FISIP UNS, Retno Purwaningsih, S.IP selaku penanggung jawab  bidang administrasi  mengatakan bahwa  kebijakan “memo cair bertahap” akan merubah mekanisme proses tata cara pencairan anggaran yang sudah berjalan selama ini di FISIP UNS yaitu Sub Rensi  akan mencetak memo cair sebesar 100 % dari pengajuan TOR lewat memo cair bertahap  berdasarkan   pencairan anggaran  dengan cetak memo cair tahap I sebesar 70 % dari nominal pengajuan  dan tahap II sebesar 30 % akan dicetak memo cairnya apabila prodi/subbag sudah menyerahkan laporan capaian kegiatan ke Subbag Rensi.

Lebih jauh Beliau menambahkan untuk  implementasi penerapannya kepada seluruh stakeholder ,  sudah ada  Keputusan Dekan selaku Pimpinan Fakultas tentang perubahan tatacara proses pencairan anggaran dengan “memo cair bertahap”,   Pembuatan Standar operasional prosedur (SOP) sebagai dasar pedoman teknis  alur proses pencairan anggaran,  serta pembuatan  form standart baku untuk pelaporan data-data capaian kinerjanya.  Beliau berharap kedepan dengan adanya SK Dekan, SOP dan form standar baku ini menjadikan FISIP UNS  lebih tertib administrasi, transparan dan akuntabel dalam data dan informasi guna menunjang  indeks kinerja fakultas maupun universitas nantinya. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: