Opening Ceremony dan Seminar Nasional Teras Jateng 2017

 

Acara Teras Jateng atau  Temu Regional Administrator Jawa Tengah 2017 dengan tuan rumah Himpunan Administrasi Negara (Himagara) FISIP UNS  diawali dengan acara seminar nasional “Think About State Quality, Talk About Food Availibility”. Para delegasi dan peserta seminar mendapat banyak pengetahuan yang diberikan oleh pemateri seminar, antara lain Ir. Suryo Banendro, M.P (Kepala Dinas Ketahanan Pangan Jawa Tengah),  Ir. Hasanuddin Rumra, M.Si (Kepala Bidang Ketersediaan Pangan Nasional, Kementerian Pertanian) , Dr. Ir. Joko Sutrisno, M.P (Dosen Fakultas Pertanian UNS), Syuga Eugenia Invicta (Aktivis Muda Bidang Pertanian) memaparkan materi tentang pentingnya ketahanan pangan bagi kemajuan Indonesia. Untuk mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia, diperlukan kerjasama antar berbagai disiplin ilmu, tidak terkecuali  dalam ilmu administrasi negara yang membahas mengenai manajemen dan kebijakan publik. Mahasiswa sebagai agent of change juga berperan penting dalam menjaga ketersediaan pangan di Jawa Tengah. Seminar yang diselenggarakan Minggu, 7 Mei 2017 ini diikuti oleh 6 Universitas di Jawa Tengah, yaitu Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Jendral Soedirman (UNSOED) Purwokerto, Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Solo, Universitas 17  Agustus (UNTAG) Semarang, dan Universitas Tidar (UNTIDAR) Magelang.

Teras Jateng merupakan forum diskusi mahasiswa program studi Ilmu Administrasi Negara/ Publik yang akan melibatkan universitas yang berada di Jawa Tengah. Kegiatan ini bermaksud untuk menjalin silaturahmi antar program studi Ilmu Administrasi Negara/ Publik di Jawa Tengah. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai wadah untuk memperkaya ilmu pengetahuan dan bertukar pikiran mengenai isu-isu yang sedang berkembang serta berusaha mencari solusi tentang permasalahan yang ada sesuai dengan pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, pengabdian dan penelitian.

Agenda lanjutan setelah acara seminar,ini adalah  para delegasi mengadakan FGD untuk memaparkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh masing-masing universitas dan mempersiapkan materi yang akan dibawa dalam public hearing sebagai rekomendasi yang ingin diberikan kepada pemerintah provinsi Jawa Tengah dan di hari terakhir aka nada agenda city tour dengan armada Bus Werkudoro yang akan membawa semua delegasi  berkeliling Kota Surakarta karena agenda dari Teras Jateng sendiri dilaksakan dari tanggal 7 hingga 10 Mei 2017 ini.  (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: