Studi Banding dan Kuliah Paruh Semester UNMUL Samarinda di FISIP UNS

Selasa, 11-12 April 2017, Prodi Magister Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (Prodi MAP FISIP UNS) menerima kunjungan studi banding sekaligus penandatanganan Nota Kesepahaman (Loi)  dengan Program Magister Ilmu Administrasi Negara  (MIAN) Universitas Mulawarman Samarinda.  Selain itu juga akan dilaksanakan kuliah paruh semester dari beberapa dosen dari Prodi MAP FISIP UNS yaitu  Dr. Kristina Setyowati, M.Si  dengan mata kuliah Ekonomi Politik, Rino Ardhian Nugroho,M.TI Ph.D dengan materi Sistem Informasi Manajemen di hari pertama dan Dr. Didik G. Suharto M.Si  dengan matakuliah Manajemen Proyek  (Isu Pemerintah Daerah ) serta Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni,M.Si  dengan maka kuliah Public Choice. Kegiatan studi banding dan kuliah paruh waktu ini dipusatkan di Ruang Seminar  gedung 1 lantai 2 FISIP UNS.

Sebanyak 54 mahasiswa dan 10 dosen dan tenaga kependidikan Program Magister Ilmu Administrasi Negara  MIAN ikut dalam rombongan tersebut termasuk diantaranya Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  Universitas Mulawarman (FISIP UNMUL) Dr. Muhammad Noer, M.Si, Kepala Prodi MIAN Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si, dan Sekretaris Prodi MIAN Dr. Herono Susilo Utomo, M.Si.  Para tamu  diterima langsung oleh Prof Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni,M.Si selaku Dekan FISIP UNS, Dr. Didik G.Suharto, selaku Kepala Prodi MAP FISIP UNS, Dr. Kristina Setyowati, M.Si selaku Kepala Prodi Ilmu Administrasi Negara  dan beberapa dosen pengajar.

Prof Ismi menyambut baik studi banding  dan kuliah paruh semester yang dilaksanakan oleh MIAN UNMUL  Samarinda ini karena  selain untuk menjalin silaturohmi diantara kedua pihak juga dapat ditingkatkan menjadi jalinan kerjasama  baik dalam bidang akademik, pertukaran mahasiswa maupun dosen pengajar (visiting lecture) atau kolaborasi riset bersama, karena hal ini  dapat meningkatkan indikator kinerja (key performance indicator)  dari masing-masing fakultas.

Selanjutnya dalam sambutannya Dekan FISIP UNMUL Dr. Muhammad Noer, M.Si, menambahkan bahwa dalam upaya menjadikan  Universitas Mulawarman sebagai  Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Yang Unggul Dalam Penyelenggaraan Administrasi Publik serta berbagai usaha dalam mewujudkan visi dan misinya yaitu meningkatkan kemapuan peserta didik yang dapat melakukan pendekatan ilmiah serta mampu memecahkan masalah-masalah dalam bidang pembangunan masyarakat, mempersiapkan peserta didik yang mampu menduduki, mengkoordinasi dan melaksanakan tugas-tugas dalam jabatan sesuai dengan bidangnya serta mempersiapkan peserta didik yang mampu merencanakan dan melaksanakan penelitian untuk pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi. Beberapa hal telah dilaksanakan seperti kunjungan dan studi banding dengan beberapa universitas di Jawa Timur dan sekarang di FISIP UNS. Beliau berharap dengan terselenggaranya kunjungan studi banding  sekaligus kuliah paruh semester Program Magister Ilmu Administrasi Negara  (MIAN) Universitas Mulawarman Samarinda ke Prodi MAP FISIP UNS  dapat menjadi  bahan pembelajaran bersama sekaligus  merealisasikan penjajakan kerjasama yang  akan realisasikan kedua belah pihak melalui penandatanganan nota kesepahaman  antara FISIP UNS Surakarta dan FISIP UNMUL Samarinda nantinya.  (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: