Kuliah Pakar “Tren Penelitian Kebijakan Publik”

Jum’at, 7 April 2017 , pukul 09.00-11.30 WIB di Aula FISIP Gedung 1 lantai 2, telah dilangsungkan Kuliah Pakar tentang Trean Penelitian Kebijakan Publik  bersama Dr. Riant Nugroho, M.Si dari Universitas Indonesia dengan tema Tren Penelitian Kebijakan Publik “Metode Penelitian Kebijakan Publik sebuah Penjelajahan”  dan moderator Dr. Kristina Setyowati ,M.Si. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari program S1 dan S2 Ilmu administrasi Negara FISIP UNS bahkan mahasiswa Program doctoral di UNS.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Prodi  S1 Ilmu Administrasi Negara dan Magister Administrasi Publik. Kegiatan yang dibuka oleh Dekan FISIP UNS mendapat antusiame peserta dengan banyaknya tanggapan dari para peserta yang mengikuti kuliah pakar tersebut. Dalam Sambutannya Prof Ismi menyampaikan sambutan yang luar biasa atas terselenggaranya acara tersebut mengingat metode penelitian kebijakan public merupakan sesuatu yang krusial karena merupakan bagian tak terpisahkan dari sebuah penelitian. Untuk mendukung penelitian yang berkualitas menuju World class university FISIP UNS perlu membekali mahasiswa baik program sarjana, magister maupun doktoralnya mampu membuat artikel maupun penelitian yang baik bahkan dapat menembus artikel maupun  jurnal yang terindeks skala nasional maupun internasional

Dalam paparannya Dr Riant menyampaikan bahwa metode penelitian yang dapat digunakan untuk mengevaluasi masalah kebijakan cukup banyak dan setiap kegiatan evaluasi tidak harus menggunakan salah satu metode penelitian saja beberapa metode penelitian bisa dilaksanakan secara bersamaan dengan tetap memperhatikan kaidah masing-masing metode peleitian tersebut.  Seorang peneliti kebijakan dapat melakukan penelititian pada tahap perumusan, pelaksanaan, kinerja maupun lingkungan dimana kebijakan tersebut diimplementasikan sehingga  seorang peneliti harus memahami dahulu tentang proses pengembangan kebijakan. Lebih jauh beliau menyampaikan ada perbedaan mendasar dalam metode penelitian kebijakan public baik kualitatif maupun kuantitatif terkait dengan obyek, data, pengecekan, justifikasi dan kekuatan penelitian yang dilakukan. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: