Konsep Pameran Semar Fest FISIP UNS 2017

Dalam rangka  menyambut  DIES NATALIS UNS  ke-41 yang dilaksanakan dari hari Jumat- Minggu,  3-5 Maret 2017 akan diselenggarakan  event besar dengan tema  The 1st SEMARFEST 2017. Beberapa rangkaian kegiatan akan digelar dalam acara tersebut seperti berbagai macam perlombaan baik untuk kalangan akademik UNS maupun masyarakat umum, jalan santai dan pameran. Kegiatan Pameran akan dipusatkan di Halaman Depan Gedung Prakosa Rektorat UNS dan Gedung LPPM UNS yang akan diikuti oleh semua fakultas, unit pelaksana teknis (UPT), para rekanan seperti bank yang telah menjalin kerjasama dengan UNS serta  teckno military seperti pada tahun 2016 lalu.

Dalam pameran ini FISIP UNS mengusung konsep dan desain display FISIP UNS mengacu pada tagline FISIP UNS saat ini “Leading The Future Society” yang dipadukan bersama dengan tagline 4 program studi disini yaitu  One Society One Prosperity, Humanism governance ,  Diplomacy Pancasila , dan  Borderless Understanding. Konsep dan tagline FISIP UNS tersebut diaplikasikan ke dalam bentuk display karya yang diwakili oleh masing-masing program studi serta melalui penampilan dari UKM Teater SOPO dan Komunitas Musik FISIP (KMF). Pematangan konsep yang akan diusung oleh FISIP UNS ini tergambar dalam rapat kecil yang diselenggarakan pada 27 Februari 2017 dilanjutkan pematangan konsep ditanggal 2 Maret 2017 bersamaan dengan pembukaan pameran Semar Fest 2017.

Dari Prodi Ilmu Komunikasi akan diusung beberapa konsep terkait :  1. Simulasi Broadcasting, dengan tujuan mengenalkan dunia broadcasting ke public, 2. Pameran Fotografi bertujuan untuk menunjukkan karya mahasiswa pecinta fotografi di ilkom serta , 3. Pemutaran film pendek bertujuan untuk mengenalkan karya filmmaker mahasiswa ilkom. Dari Program Studi Administrasi Negara  mengusung konsep Human governance merupakan suatu model cultural yang menata hubungan antara Negara dan individu sebagai warga Negara yang mempunyai kebebasan memilih, kemerdekaan berbeda suara, harga diri, dan hak diperlakukan oleh pemerintah atau Negara dengan Empat dasar prinsip kepemerintahan yang baik yang mendorong adanya kebutuhan human governance ini antara lain Ingin menciptakan tatanan pelayanan yang lebih baik,  lebih banyak investment di bidang tehknologi informasi dan komunikasi,  menciptakan regulasi yang lebih baik serta manajemen yang pelatihan sumber daya manusia yang lebih terbuka dan jujur.

Dari Program Studi Sosiologi,  akan diperkenalkan  Bidang Studi Sosiologi yang pada dasarnya menganalisis kondisi masyarakat melalui metode dan teori Sosiologi. Salah satu fenomena masyarakat yang dikaji adalah identitas kultural perkotaan yang diwujudkan dalam Seminar Nasional dan Koferensi Sosiologi Perkotaan. Hal tersebut juga terkait dengan tagline “One Society One Prosperity” serta analisis kondisi masyarakat diperlukan teori-teori sebagai acuan dalam penelitian.

Sedangkan dari Prodi Hubungan Internasional akan diperkenalkan  tentang hal-hal yang berkaitan dengan hubungan diplomasi yang terjadi antar negara di dunia lewat konten display :Jajaran Bendera dari beberapa negara di dunia termasuk Indonesia. Konten ini menggambarkan bahwa setiap negara di dunia memilki kedudukan yg sama dalam menentukan hak untuk menjalin hubungan dengan negara lain. begitu juga Indonesia, Placard yang  merupakan salah satu properti sidang Model United Nation (MUN) berupa nama negara delegasi, yang menggambarkan MUN itu secara keseluruhan. dengan adanya MUN ini sudah jelas bahwa setiap negara memilki hubungan yg tidak bisa dibendung, Globe yang  menjelaskan bahwa bumi ini terdiri dari beberapa negara dimana negara negara tersebut saling ketergantungan dalam bidang apapun serta logo Himaters yang  merupakan himpunan mahasiswa Hubungan Internasional dimana dalam acara ini memiliki tanggung jawab terhadap prodi Hubungan Internasional. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: