Prodi Ilmu Administrasi Negara Selenggarakan Lokakarya Penulisan Skripsi dan Program KKA

Dr. Kristina Setyowati, M.Si (kiri) selaku Kaprodi AN didampingi Tiyas Nur H,S.Sos,M.Si (kanan) saat sedang memberikan pemaparan tentang Penyusunan skripsi

Jumat-Minggu, 24-26 Februari 2017  bertempat  Hotel Indah Palace, Jl Lawu 22 Tawangmangu Karanganyar. Prodi Ilmu Administrasi Negara (Prodi AN) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret  (FISIP UNS menyelenggarakan Lokakarya  Pembuatan Panduan /SOP Prodi AN FISIP UNS  yang diikuti oleh semua dosen dari Program studi tersebut. Dalam lokakarya tersebut dibahas beberapa pembuatan panduan atau SOP terkait kurikulum,  panduan skrspsi, kuliah kerja administrasi (KKA)  dan seminar isu-isu administrasi publik.

Terkait dengan  panduan penulisan skripsi, Dr. Kristina   Setyowati,M.Si selaku Kepala Prodi AN bersama   Tim Penyusun Panduan Penulisan Skripsi Prodi AN   menyampaikan bahwa  dalam menulis skripsi   setiap mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan dan mengintegrasi konsep maupun teori yang diperoleh dalam perkuliahan sehingga  hasil skripsi yang dihasilkan sesuai dengan kaidah ilmiah yang dapat dipertanggung-jawabkan  keilmuannya. Karena skripsi merupakan  karya ilmiah yang direncanakan dan ditulis oleh mahasiswa yang memiliki kedudukan sama dengan mata kuliah lain berdasarkan hasil penelitian lapangan maupun kepustakaan dengan bimbingan dosen pembimbing sebagai syarat kelulusan atau tugas akhir dalam menempuh program strata 1 (S1) di Prodi AN FISIP UNS ini. Selain  itu panduan penyusunan skripsi ini nantinya  juga diharapkan mampu menjadi standar penulisan  bagi semua mahasiswa Prodi AN dalam menyelesaikan studinya  di Prodi AN FISIP UNS ini.

Baca juga : Lokakarya  Pembuatan Panduan/SOP Prodi Ilmu AN 

Prof Ismi sedang bertanya terkait Program KKA kepada Narasumber

Selain pembuatan panduan penulisan skripsi dalam lokakarya tersebut juga dibahas tentang pelaksanaan kuliah Kerja Administrasi atau singkat  KKA. KKA adala kegiatan belajar bagi mahasiswa Prodi AN FISIP UNS selama kurun waktu tertentu di suatu Institusi mitra yang menyelenggarakan kegiatan fungsi pelayanan publik atau administrasi  publik.  Herwan Parwiyanto, S.Sos, M.Si selaku narasumber  menyampaikan  peningkatan kualitas penyelenggaraan  pendidikan dapat dilakukan,  salah satunya melalui pembelajaran lewat pengalaman praktis yang terintegrasi,  dan di  Prodi AN FISIP UNS dilaksanakan melalui program KKA yaitu  melibatkan mahasiswa dalam aktivitas   bersama institusi mitra yang memiliki kesesuaian visi, misi dan tujuan pendidikan dan pengajaran di Prodi AN FISIP UNS ini dengan pertimbangan bahwa  adanya kurikulum yang berlaku di suatu program studi pendidikan tinggi tidak dapat langsung menjadi pijakan proses pembelajaran yang dinamis,  adanya kesenjangan  antara kebutuhan sumber daya manusia (SDM)  di dunia kerja dengan lulusan perguruan tinggi,  adanya era perdagangan bebas, persaingan pencari kerja serta  peluang kerja yang ada dan  salah satu usaha dalam mendukung  misi Prodi AN  FISIP UNS dalam menyelenggarakan proses pengajaran yang bermutu baik  ditingkat nasional maupun global. Selain itu dengan dilaksanakan program KKA ini diharapkan dapat mempersiapkan mahasiswa  menjadi insan yang lebih siap bersaing   dalam dunia kerja baik dalam sektor publik maupun swasta. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: