FISIP UNS Tambah Satu Guru Besar Bidang Ilmu Sosial Ekonomi

Kamis, 23 Februari 2017, pukul 10.00 WIB,  Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret kembali  mendapat anugerah atas dikukuhkan Prof. Dr. Mahendra Wijaya, M.S,   sebagai  Guru Besar Bidang Ilmu Sosiologi Ekonomi dalam prosesi pengukuhan Guru Besar di Universitas Sebelas Maret (UNS) yang diselenggarakan  di Auditorium UNS.

Dalam pidato  yang berjudul “ Penguatan Demokratisasi Ekonomi Lokal”.  Beliau menyampaikan bahwa globalisasi pasar yang awalnya bertujuan untuk kesejahteraan banyak orang mengalami beberapa penyimpangan. Salah satunya karena globalisasi pasar ternyata lebih berpihak pada Trans National Corporation (TNC) dan Multinational Corporation (MNC) yang bergerak dengan  privatisasi, ekspansionis dan predatory. globalisasi pasar yang bermakna ganda tersebut  berdampak pada keuntungan bagi TNC dan MNC disatu sisi dan mematikan perusahaan domestic dinegara-negara berkembang sehingga akibat lebih jauhnya adalah adanya ketimpangan social ekonomi yang semakin tajam  dinegara-negara berkembang termasuk Indonesia.

Menurut Prof Mahendra  alternatif  pemecahan  masalah dari globalisasi pasar ini dengan menggunakan pendekatan sosiologi ekonomi yang terfokus pada penguatan demokratisasi ekonomi local, dimana tujuan penguatan demokratisasi ekonomi lokal ini dapat  untuk  mengurangi ketimpangan sosial ekonomi di Indonesia. Proses penguatan demokrasi lokal itu sendiri ditandai dengan 7 praktik penguatan ekonomi lokal yaitu : 1) Perekonomian lokal  berbasis kearifan local, 2) Kekuatan ekonomi berdasar budaya kerja local, 3) Penguatan lembaga-lembaga ekonomi pertanian dan industry kerajinan, 4) Perekonomian dikelola budaya local, 5) Pemberdayaan masayarat golongan miskin lemah, 6) Pasar Tradisional yang berfungsi sebagai ketahanan ekonomi lokal serta 7) Pengauatan ekonomi berbasis industri kerajinan di pedesaan. Dimana praktik-praktik diatas dapat mewujudkan ketahanan ekonomi lokal yang luar biasa di Indonesia.

Dengan dikukuhkannya Prof. Dr.  Mahendra Wijaya MS, ini maka sampai saat ini UNS telah memiliki 183 guru besar, dan untuk FISIP UNS sendiri telah memiliki 7 orang guru besar.

curiculum vitae Prof Mahendra Wijaya MS bisa di baca https://simpeg.uns.ac.id/cari-staf/index?CariStafSearch%5BNAMA%5D=MAHENDRA+WIJAYA&CariStafSearch%5BID%5D=&CariStafSearch%5BID_JENIS_STAF%5D=&CariStafSearch%5BID_PENDIDIKAN_TERTINGGI%5D=&CariStafSearch%5BID_UNIT%5D=&CariStafSearch%5BID_JABATAN_FUNGSIONAL%5D=&CariStafSearch%5BID_GOL_RUANG%5D=&CariStafSearch%5BID_JENIS_KELAMIN%5D=&CariStafSearch%5BID_JABATAN_STRUKTURAL%5D=

(Maryani FISIP UNS)

print

Share This: