Prodi Ilkom FISIP Selenggarakan Seminar New Media “Jangan Tertipu Berita Hoax”

WhatsApp Image 2017-01-25 at 8.25.29 AMPerkembangan teknologi informasi saat ini hampir menyentuh semua sendi kehidupan, mulai dari hal-hal dalam lingkup  kecil hingga menyangkut persoalan-persoalan sensitive yang dapat menyentil kelompok-kelompok tertentu yang tak jarang menimbulkan gejolak dan  pergolakan oleh pihak-pihak tertentu lainnya. Beberapa informasi yang disebarkan itu  terkadang bukan merupakan sebuah fakta atau saat sekarang dikenal sebagai berita hoax atau berita bohong.

Hoax atau berita ini seringkali disebarkan bukan karena tidak mengetahui tetapi terkadang karena merupakan berita yang tidak dicoba mencari kebenarannya terlebih dahulu. Banyak individu maupun masyarakat yang hanya menyalin dan menyebarkan  (copy and share) tanpa melihat apakah berita tersebut sesuai dengan kenyataannya. Bukan hanya dalam bentuk kata-kata, ada juga informasi dalam bentuk gambar atau video  untuk itu dalam upaya memberikan pembelajaran kepada semua pihak tentang bahaya hoax ini Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) bekerjasama dengan Humas Polresta Surakarta menyelenggarakan seminar bertajuk “Jangan Tertipu Berita Hoax” yang digelar Selasa, 31 Januari 2017 di Aula FISIP UNS dengan menghadirkan pembicara Andre N Rahmanto (Deputi Humas (UNS), Kombes Pol Ahmad Luthfi (Kapolresta Surakarta) serta Niken Satyawati (Aktivis Masyarakat Anti Hoax Indonesia di Surakarta).

Untuk itu dalam release acara yang digelar atas kerjasama Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS, Humas Polresta Surakarta dan timlonet.com ini, salah seorang panitia Didik Kartika menyampaikan latar belakang terselenggaranya kegiatan seminar ini adalah mengajak banyak  pihak untuk ikut berperan aktif melawan berita hoax yang sangat meresahkan masyarakat dan menimbulkan kebencian diantara sesama masyarakat di Indonesia secara luas karena jenis dan frekuensinya  sangat mengkhawatirkan. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: