Studi Banding dan Kerjasama Prodi S2 Komunikasi FISIP UNS dan Prodi S2 KPI UIN Walisongo Semarang.

1Kamis, 26 Januari 2017 pukul 10.00-12.00 WIB Prodi S2 Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) mendapat kunjungan  sekaligus  melaksanakan perjanjian kerjasama kelembagaan  dengan  Program Studi S2  Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)  Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo (UIN) Semarang.  Hadir dalam rangkaian kegiatan tersebut Kepala Prodi KPI  Fakultas Dakwah dan Komunikasi Dr. Ilyas Supena,M.Ag dan Dekan IAIN Fakultas Dakwah dan Komunikasi  Dr. Sulthon, M.Ag sebelum berubah menjadi UIN Walisongo Semarang  serta beberapa mahasiswa. Sedangkan dari FISIP UNS hadir Wakil Dekan Bidang Akademik Drs. Sudarmo,M.A.Ph.D, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Drs. Hamid Arifin,M.Si, Kepala Prodi S2 Komunikasi Dra. Prahastiwi Utari, M.Si, Ph.D serta pejabat struktural di FISIP UNS.

2Dalam sambutannya Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP UNS menyampaikan terima kasih karena mendapat kepercayaan dari  UIN Walisongo Semarang terkait kunjungan studi banding sekaligus kerjasama diantara kedua fakultas. Beliau menyampaikan sejak berdiri tahun 2001 sebenarnya program pascasarjana S2 Komunikasi sudah merupakan bagian tak terpisahkan dari FISIP UNS karena proses pembelajaran yang dilaksanakan selama ini berada di FISIP UNS  hanya proses  manajemen berada di bawah koordinasi pasca sarjana UNS. Dan diawal Januari 2017 ini Prodi S2 Komunikasi mengalami masa transisi pengelolaan manajemen dari pasca sarjana  UNS menjadi bagian serta  dikelola oleh pihak fakultas,  sehingga untuk saat ini dalam hal sarana dan prasana belum atau tidak ada ada kendala yang berarti, Begitu pula dengan para dosen pengajarnya walaupun di FISIP UNS ini ada program studi Diploma III ( D3) hingga tingkat Doktoral  (S3) namun homebase bagi masing-masing dosen sudah ada meskipun beberapa dosen berasal dari  prodi  lain di UNS.

4Dr. Ilyas Supena, M.Ag selaku Kaprodi S2  Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang dalam sambutan baliknya menyampaikan bahwa prodi yang dipimpinnya saat ini merupakan prodi baru karena baru menginjak semester empat, sehingga  para mahasiswa serta prodi  memerlukan tambahan ilmu terkait bagaimana pengelolaan, proses pembelajaran, dosen, kurikulum, penyelesaian tesis, publikasi yang bagi mahasiswa , dan sarana prasarana yang ada. Untuk itulah pihak KPI ingin mengetahui sekaligus menjalin kerjasama dalam rangka meningkatkan mutu pengelolaan akademik dan kelembagaan di Prodi S2 Komunikasi sdan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang nantinya.

3Sebagai gambaran tentang Prodi S2 Komunikasi Dra. Prahastiwi Utari, M.Si ,Ph.D menyampaikan banyak hal terkait  peminatan prodi S2 Komunikasi,  kerjasama dengan lembaga mitra berupa kelas khusus dari  Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia  (Kemenkominfo) dalam bentuk penerimaan beasiswa bagi aparatur sipil Negara (ASN) yang berkecimpung banyak di bidang kehumasan dan sudah memasuki tahun ke-4, pembiayaan, penyelesaian studi dan publikasi sebagai syarat kelulusan dari program pasca sarjana S2 Komunikasi FISIP UNS ini.  (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: