Prodi DIII MA FISIP UNS adakan KKMA ke Instansi Pemerintah dan Perusahaan

9
Para peserta KKMA berpose di depan PT Sinar Sosro Semarang

Selasa, 10 Januari 2017, Program Studi Diploma III Manajemen Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret mengadakan kegiatan  Kunjungan Kerja Manajemen Administrasi (KKMA) Tahun 2017 ke instansi pemerintah dan perusahaan yaitu  PT. Sinar Sosro Ungaran Semarang, serta ke Dinas Kearsipan dan Perpustakan Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa Diploma III Prodi  Manajemen Administrasi FISIP UNS sebanyak  111 Mahasiswa dan 4 dosen pembimbing.

7Menurut Endang Martini,S.Pd, M.Si selaku penanggung jawab kegiatan, acara ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa khususnya dibidang administrasi perkantoran dan mata kuliah terkait. Di PT Sinar Sosro Ungaran para peserta kunjungan   diterima di auditorium PT Sinar Sosro, ditempat ini para peserta menerima penjelasan terkait manajemen  administrasi  yang disampaikan oleh Ibu Priscilia, sesi selanjutnya dilanjutnya adalah pemaparan tentang  PT Sinar Sosro oleh Ibu Mega dilanjutkan sesi tanya jawab dan tour ke Pabrik Sosro untuk  melihat secara  langsung proses produksi teh botol Sosro yang sudah dikenal selama ini. Dalam pemaparannya PT. SINAR SOSRO Cabang UngaranSemarang berlokasi dijalan Semarang-Bawen KM 28, kecamatan bergas, kabupaten semarang dan lokasi ini dianggap banyak memberi kemajuan karena sangat strategis terletak di daerah kawasan industry yang jauh dari pemukiman, dekat dengan jalan raya serta dipermudah dengan adanya fasilitas-fasilitas seperti air bawah tanah, listrik dan telepon.

11Selanjutnya disampaikan pula tentang manajemen  yaitu PT. SINAR SOSRO Cabang Ungaran-Semarang dipimpin oleh seorang pemimpin unit yang disebut General Manager yang mempunyai sekretaris pimpinan unit. General Manager ini merupakan pemegang kebijakan umum perusahaan dan bertanggung jawab secara langsung kepada direktur Oprasional yang berkedudukan di Jakarta. Dalam pelaksanaan tugas dan wewenangnya, pimpinan unit dibantu oleh para manager yang membawahi beberapa staf ahli dalam bidangnya yang terbagi menjadi 6 departemen, Dengan Iklan “Apapun Makananya Minumnya Teh Botol Sosro”, telah merebut hati masyarakat. Produk-produk SOSRO berhasil menjangkau konsumen di seluruh pelosok propinsi di Indonesia

12
Endang Sri Martini M.Si dan Ibu Andri tukar kenang-kenangan

Sedangkan acara di Dinas Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah yang beralamat di  Jl. Dr. Setiabudi 201C, Srondol Semarang, para peserta disambut oleh  Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Propinsi Jawa Tengah, SP Andriani S SH dimulai dg sambutan dan dilanjutkan dengan pemaparan dengan pemutaran company profil Dinas Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah setelah selesai pemaparan dan pemutaran film acara dilanjutkan dengan sesi  tanya jawab dan diakhiri dengan tour ke ruang arsip dan depo arsip. Dalam sedikit paparannya Kepala Dinas  Arsip dan Perpustakaan Propinsi Jawa Tengah, SP Andriani S SH menyatakan, kebutuhan informasi masyarakat yang semakin kompleks saat ini menuntut kinerja arsip dan perpustakaan daerah untuk senantiasa berinovasi dalam memberikan layanan prima kepada semua penggunanya karena perkembangan teknologi dan Informasi dewasa ini telah banyak dikemas dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dan disebarluaskan dengan mudah dan cepat lewat jaringan internet. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: