Prodi S2 dan S3 Ilmu Komunikasi FISIP UNS selenggarakan Kuliah Pakar Luar Negeri

15895413_10209685731278215_2295251911288831745_nSalah satu penilaian akreditasi institusi adalah kontribusi kuliah pakar yang diselenggarakan oleh program studi tersebut sehingga memberi pemahaman akan keilmuan Program Studi yang bersangkutan. Untuk itu guna membekali  mahasiswa program studi pascasarjana baik strata 2 maupun strata 3 Program studi  pasca sarjana Ilmu  Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS)  menyelenggarakan Kuliah Pakar Luar negeri dengan tema Javanese Communication and Culture a Search of Understanding bersama Prof. Dr. Bernard Arps  (atau lebih dikenal sebagai Prof. Ben Arps)  dari  Leiden University Netherland.  Kuliah pakar ini  sendiri dilaksanakan  Selasa, 10 Januari 2016 bertempat di Ruang seminar FISIP UNS.

baca juga : Budaya, Sastra dan Seni Pertunjukkan Tiga Kajian Utama Prof Ben 

2Dalam sambutan  Kepala Prodi S2 Ilmu Komunikasi FISIP UNS, Dra. Prahastiwi Utari, M.Si, Ph.D menyampaikan terima kasih kepada narasumber Prof Ben, para akademisi baik dari dalam maupun luar UNS serta para hadirin semua karena telah hadir untuk mengikuti acara ini. Beliau menambahkan bahwa Prof Ben yang saat ini hadir sebagai narasumber merupakan salah satu pakar budaya walaupun tidak   terkait langsung dengan bidang ilmu  komunikasi, tetapi bidang  komunikasi  dan budaya saling ada keterikatan. Karena beliau telah lama tinggal di Indonesia dan telah melakukan penelitian-penelitian terkait budaya dan adat istiadat yang ada dalam kebudayaan di Pulau Jawa maka bagi Prodi Komunikasi ini menjadi salah satu alasan mengapa beliau diundang untuk memberi kuliah pakar luar negeri ini.    Beberapa lokasi penelitian yang telah dilakukan adalah  di Yogyakarta, Cilacap, Banyuwangi dan sebagainya, sehingga ini  bisa jadi Beliau lebih paham budaya Jawa dibandingkan dengan masyarakat Jawa itu sendiri.

1Lebih lanjut Prahastiwi Utari menyampaikan Prof Ben sudah lama meneliti tentang budaya  di Indonesia kira-kira lima tahun dan sudah menghasilkan beberapa buku yang berkaitan dengan budaya Jawa,   semoga dengan hadirnya Prof Ben ini semua hadirin yang hadir dalam kuliah pakar ini dapat mengambil, menggali dan meneliti lebih lanjut  penelitian-penelitian terkait Javanese culture dan Indonesian culture  yang kaya dan bermacam-macam  sehingga kedepan dapat tercipta karya publikasi yang bisa menjadi acuan  transfer ilmu  tentang budaya Indonesia.  Beliau berharap partisispasi dari semua peserta untuk bertanya tentang materi yang akan nanti disampaikan sehingga transfer ilmu lewat diskusi menjadi lebih hidup. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: