Orasi Ilmiah Netizen Civilization dalam Silaturohim Tahun 2017

Perkembangan internet saat ini  hampir tak terbendung lagi, keberadaannya mampu membawa revolusi dalam hal pertukaran informasi di semua sendi kehidupan manusia seperti ekonomi, politik social dan kebudayaan, kesehatan, hiburan, kuliner, olahraga, dan lain sebagainya.  Pengaruhnya yang luar biasa ini menyebabkan adanya ketergantungan dan tidak dapat terbayangkan bagaimana jika kehidupan manusia sekarang tanpa internet. Kemajuan yang ditimbulkan  bukan hanya yang bersifat  positif saja namun juga dalam hal – hal negatif.

Berkaca dari hal diatas sebagai refleksi tahun baru 2017 ini Rektor mengundang semua sivitas akademik Universitas Sebelas Maret guna menghadiri momen refleksi tahun baru 2017 dengan tema “Menyikapi Komunitas Maya (Nitizen Civilization” dengan narasumber Prof Dr. Andrik Purwasito DEA dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS).

Dalam Sambutannya Rektor UNS, Prof.Dr. Ravik Karsidi ,MS menyampaikan alas an tentang pengangkatan tema di tahun 2017 karena masyarakat Indonesia khususnya kalangan sivitas UNS saat ini telah memasuki  peradaban yang luas didunia maya yang mau tidak mau suka tidak suka akan senantiasa bersinggungan dengan peradaban didunia maya tersebut sehingga bagi generasi sekarang yang sudah terbiasa  dengan ini akan lebih mudah menyesuaikan. Hal ini akan menjadi sekit berbeda dengan generasi lama, karena mungkin merupakan sesuatu yang baru. Diperlukan perubahan dan pembaharuan mindset terkait proses pembelajaran dan menciptakan atmosfir akademik di lingkungan UNS ini nantinya menuju world claas university.

Rektor menambahkan manfaat dari perubahan dan pembaharuan mindset ini mungkin tidak dinikmati oleh masyarakat saat ini melainkan akan bisa dipetik manfaatnya oleh generasi penerus sebagaimana masyarakat sekarang juga telah menikmati hasil kerja keras dari pendahulu bangsa ini. Diakhir Pidatonya Rektor mengucapkan apresiasi yang mendalam terkadap kajian ilmiah yang disampaikan oleh nara sumber serta antusias semua sivitas akademik UNS dalam mendukung program-program di UNS selama ini. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: