Administrasi Negara

Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP Universitas Sebelas Maret merupakan salah satu prodi FISIP Universitas Sebelas Maret yang cukup banyak diminati oleh lulusan SLTA. Perkembangan isu-isu reformasi administrasi yang berkaitan dengan pelayanan publik merupakan daya tarik bagi lulusan SLTA untuk memilih program studi ini.

Kerjasama

Prodi  Ilmu Administrasi Negara FISIP Universitas Sebelas Maret telah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Provinsi DIY untuk kegiatan magang/kuliah Kerja administrasi (KKA) selama 1 bulan. Kepala dinas di instansi tempat magang mahasiswa diposisikan sebagai pembimbing mitra.

Lapangan Kerja

Lulusan Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP Universitas Sebelas Maret banyak bekerja di sektor institusi publik dan swasta pada bidang ortala, sumber daya manusia, keuangan, informasi, dan formulasi kebijakan.

Kompetensi Lulusan

Kompetensi yang dimiliki lulusan Prodi Ilmu Administrasi Negara, antara lain sebagai:

1. Administrasi Publik

Sebagai administrasi publik memiliki ciri, antara lain:

a. menguasai konsep dan teori tentang mendesain dan mengelola organisasi sektor publik, mengimplementasikan kebijakan publik, mengelola pelayanan, dan partisipasi publik;

b. mampu memformulasikan alternatif penyelesain masalah prosedural terkait dengan efektivitas dan efisiensi organisasi dan manajemen sektor publik;

c. mampu merumuskan dan mengkomunikasikan alternatif solusi yang berada di luar kewenangannya kepada pimpinannya;

d. menguasai metode dan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif untuk administrasi publik; dan

e. menguasai konsep dan teori etika dan integrasi administrasi publik.

2.  Birokrat

Sebagai birokrat memiliki ciri kompetensi, antara lain:

a. memanfaatkan teknologi informatika dan mendaesain dan mengelola organisasi sektor publik, mengimplementasikan kebijakan publik, mengelola pelayanan, dan partisipasi publik; dan

b. mampu menyelesaikan masalah dengan mengambil diskreasi sesuai dengan kewenangannya.

3.  Analis Kebijakan

Ciri kompetensi sebagai seorang analis kebijakan, antara lain:

a. mampu menyusuntelaahan staf dalam proses pembuatan keputusan; dan

b. mampu melaksanakan tupoksi secara efektif dan efesien dengan menggunakan informasi dan kemampuan analisis yang dimilikinya.

4. Pengelola Kegiatan Lapangan

Kompetensi sebagai pengelola kegiatan lapangan, yaitu mampu mengelola sektor publik untuk mewujudkan nilai-nilai publik secara efisien, efektif, berkeadilan, dan demokrasi baik secara individual maupun tim.

print