Media Sosial Masih Menjadi Primadona dalam Pitching of IMC

3Kamis 22 Desember 2016, bertempat di ruang aula kecil dan ruang seminar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS), empat tim mahasiswa yang mengambil mata kuliah spesialisasi Advertising 3, Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi FISIP UNS menjalani proses pitching (presentasi) tugas akhir di hadapan para klien. Putaran pertama  pitching of  Marketing Communication Campaign (IMC)  dalam mata kuliah Advertising 3 banyak menyoroti peran media social yang masih menjadi primadona dalam  melaksanakan komunikasi pemasaran terpadu pemasaran bagi klien.

4Dalam pitching of  IMC kali ini   dua tim mahasiswa telah menyelesaikan karyanya untuk kemudian akan mendapat  penilaian dari   klien yang berasal   produk Granola Creations (merek authentic muesli) dari Bali, dan Dowa (merek tas rajut) dari Yogyakarta.

Dalam releasenya Monika Sri Yuliarti menyampaikan, karena tidak bisa hadir secara langsung, Julien Borello, founder Granola Creations memberikan respon atas pitching dari tim yang menangani perusahaannya melalui videocall. Sementara itu,  dikarenakan kesibukannya, perwakilan Dowa tidak dapat hadir dan digantikan oleh sekretaris Pusat Studi Pendampingan Koperasi dan UMKM UNS, Emi Widiyanti, S.P., M.Si., dan dosen Program Studi Desain Komunikasi Visual UNS, Arif Iman Santoso, S.Sn., M.Sn. Pertimbangan pemilihan Emi sebagai tim penilai karena Dowa berawal dari usaha kecil. Sementara itu, Arif ditunjuk sebagai penilai visual dari iklan yang dihasilkan sebagai media komunikasi.

2Pada sesi diskusi, para klien memiliki kesempatan untuk memberikan pertanyaan terkait dengan program-program komunikasi rancangan masing-masing tim mahasiswa. Yang menarik dari program komunikasi tersebut adalah penggunaan media sosial yang dominan. Namun demikian, alat peraga (tools IMC) lain juga digunakan, seperti iklan cetak di majalah dan media luar ruang, penyelenggaraan media visit dan peluncuran produk. Pitching terhadap dua klien ini berlangsung hingga pukul 17.00 WIB, dan Jumat, 23 Desember 2016,  pitching putaran kedua dengan klien Yayasan Kanker Indonesia cabang Surakarta akan dilaksanakan di FISIP UNS.

baca juga : Pameran, Pitching, dan Awarding: Tahapan Akhir Pembelajaran Advertising 3 Prodi IlKom

1Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNS, Sri Hastjarjo, Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan harapan bahwa pada semester kali ini, ada program mahasiswa yang benar-benar diaplikasikan di perusahaan yang klien, seperti tahun sebelumnya. Ia menambahkan bahwa kerja sama ini diharapkan bisa terus berlangsung agar mahasiswa benar-benar berlatih menyelesaikan permasalahan riil yang dialami oleh perusahaan-perusahaan klien dalam kaitannya dengan komunikasi pemasaran terpadu. (Dipublikasi Maryani FISIP UNS)

print

Share This: