Pitching Klien Menjadi “Gong” dari Perkuliahan Public Relations 3

1Perkuliahan Public Relations 3 Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip UNS angkatan 2013 diakhiri dengan presentasi Strategic Communications Plan di hadapan klien atau yang kerap disebut dengan pitching. Adapun klien yang diundang untuk berpartisipasi dalam perkuliahan ini antara lain Dishubkominfo Solo, Plevia (salah satu merek jas hujan), Sarana Surakarta Ventura (perusahaan yang bergerak di bidang penyedia peminjaman modal), dan Produk telur & olahan ayam kampung organik. Bertempat di gedung Fisip UNS, presentasi hari pertama pada 15 Desember 2016 telah sukses dilaksanakan oleh kedua tim dihadapan Faizatul Ansoriyah, pemilik usaha telur dan olahan ayam kampung organik. Kedua tim saling berlomba memberikan ide-ide kreatif untuk dapat menarik hati klien.

3Tidak cukup satu hari, pitching ketiga klien lainnya dilanjutkan pada Jumat, 16 Desember 2016. Enam tim yang sebelumnya telah menyiapkan program-program terbaiknya juga melaksanakan pitching di hadapan Dishubkominfo Solo, Plevia, dan Sarana Surakarta Ventura. Proses pitching tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Dishubkominfo staf Divisi Bidang Informatika Novita Rusdiyana dan Herman Yosep Didit Adianto,  pemilik jas hujan Plevia Kevin Nugroho dan Head Sales area timur Heru Kristanto, serta Alwan Jihadi sebagai direktur Sarana Surakarta Ventura. Klien tampak senang mengapresiasi program-program kreatif yang telah dirancang oleh mahasiswa. “Saya sangat senang dengan program-program yang diusulkan. Karena jujur kami tidak kepikiran sampai ke situ”, ujar Novita, perwakilan Dishubkominfo Solo dalam komentarnya kepada salah satu tim. Lebih lanjut, tim yang mengerjakan Strategi Communication Plan bagi Plevia sampai pada tahap pembuatan katalog jas hujan dalam rangka memenuhi permintaan klien. Secara umum, seluruh tim dari ke empat klien telah mempresentasikan Strategic Communication Plan dengan optimal.

Perkuliahan ini dimaksudkan untuk melatih mahasiswa agar siap menghadapi dunia kerja khususnya di bidang kehumasan atau Public Relations, utamanya dalam kaitannya dengan tuntutan dari klien untuk keberhasilan perusahaan, seperti yang disampaikan oleh Likha Sari Anggreni, S.Sos., M.Soc. Sc, koordinator tim pengampu  mata kuliah Public Relations 3. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: