FISIP terima Kunjungan SMA Assalam Sukoharjo

1Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret ((FISIP UNS) kembali  menerima kunjungan studi lanjut dari SMA Assalam yang berada di komplek Pondok Assalam Sukoharjo.  Kunjungan oleh SMA Assalam Sukoharjo ini dilaksanakan Rabu, 23 Nopember 2016 pukul 09.00-10.30 WIB dan diterima oleh Dekan, Prof. Dr. Ismi Dwi astuti Nurhaeni M.Si, Wakil Dekan Bidang Akademik, Drs. Sudarmo,M.A, Ph.D, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Drs. Hamid Arifin ,M.Si, dan pejabat struktural FISIP UNS.

Menurut ustad H. Lolon Sumarlan, S.Ag yang menjabat sebagai  Kepala Sekolah SMA Assalam  dan sebagai wakil dari SMA Assalam Sukoharjo ini menyampaikan bahwa  kunjungan studi ini  diikuti oleh 89 siswa  putri dan 6 guru pendamping ini  bertujuan untuk menambah wawasan mengenai dunia perkuliahan khususnya di FISIP UNS sehingga dapat memberikan gambaran singkat mengenai semua Program Studi yang ada di  FISIP UNS, karena berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan di SMA Assalam Sukoharjo ini ada kecenderungan bahwa siswa yang ikut dalam kunjungan ini memeiliki kecenderungan  ketertarikan di bidang social sehingga FISIP UNS menjadi tujuan utamanya.   Kunjungan ini juga hanya diikuti siswa putri karena di SMA Assalam Sukoharjo menerapkan pembelajaran terpisah antara siswa laki-laki dan wanita, simana untuk siwa laki-laki minggu sebelumnya juga sudah berkunjung ke fakultas lain yang ada di UNS ini.2

Dalam sambutannya Prof Ismi menyampaikan terima kasih karena terpilih menjadi bagian dari kunjungan studi sebagai bahan pembelajaran siswa tersebut menuju jenjang pendidikan selanjutnya. Belaiu menambahkan  beberapa hal penting terkait FISIP UNS memilih salah satu prosi di FISIP UNS adalah pilihan yang tepat karena saat ini FISIP UNS terus berbenah dan memperbaiki diri mendukung UNS menuju 500 universitas terbaik didunia melalui  FISIP Leading The Future Society  dengan implementasi borderless understanding yaitu  FISIP UNS senantiasa berusaha meningkatkan partisipasi aktif dan semangat untuk maju sehingga mampu menjadi agent of change dalam usaha meningkatkan kesetaraan di dalam masyarakat, untuk selanjutnya mampu memberikan inovasi-inovasi kebijakan yang efektif dan efisien, tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, Humanism Governance yaitu mampu membangun peradaban yang menghargai harkat dan martabat manusia merupakan kontrak sosial antara pemerintah dengan rakyat,  Diplomacy Pancasila yaitu menjadikan Pancasila sebagai  pedoman berpikir untuk mengkaji hubungan internasional  secara bebas dan berkearifan lokal, tanpa harus taklid buta terhadap madzab keilmuan dari bangsa-bangsa lain,  serta One Society One Prosperity yaitu kebutuhan akan manusia yang tangguh dan toleran dalam menjaga hubungan tersebut dan menciptakan masyarakat dunia yang satu yaitu masyarakat egaliter.

3Antusiame peserta dapat terlihat dari  berbagai pertanyaan yang disampaikan oleh para peserta baik guru maupun siswanya terkait jalur masuk, proses belajar mengajar, beasiswa, pembiayaan perkuliahan, sarana dan prasarana serta pendukung perkuliahan lainnya. Diakhir kunjungan diserahkan kenang-kenangan dari kedua belah pihak.(Maryani FISIP UNS)

 

print

Share This: