Seminar Nasional dan Konferensi Sosiologi Perkotaan.

pamflet_konferensi_sosiologi_perkotaanProgram Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik  Universitas  Sebelas Maret Surakarta akan menyelenggarakan  Seminar Nasional dan Konferensi Sosiologi Perkotaan.  Seminar Nasional ini merupakan rangkaian dari riset Sosiologi Perkotaan yang telah terlebih dahulu dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa Program Studi Sosiologi Angkatan 2014 Kelas B sebagai aktivitas penelitian dalam menemukan berbagai hal terkait dengan krisis perkotaan yang terjadi di Surakarta. Tema dari Seminar Nasional dan Konferensi Sosiologi Perkotaan ini adalah “Identitas Kultural Perkotaan” yang berisi paparan materi hasil riset yang telah dilakukan serta materi-materi lain terkait dengan perkotaan dan kebudayaan dengan menghadirkan pembicara sekaligus narasumber : Dr. Bagong Suyanto, M.Si (Dosen Sosiologi Unair), Dr. S. Pamardi, S.Kar., M. Hum (Dosen ISI Surakarta), Dr. Argyo Demartoto, M.Si (Dosen Sosiologi FISIP UNS), Farahiah Almas Madarina (Pemateri Riset Mahasiswi Sosiologi FISIP UNS).

Adpun latar belakang tema yang diangkat adalah adanya fenomena melihat kota yang bukan hanya sebatas bentangan budaya yang dihuni oleh kaum heterogen baik dalam segi agama, suku, etnis, ras dan sebagainya, melainkan juga merupakan hunian impian yang diminati seluruh orang untuk memperbaiki taraf hidup yang didalamnya identik dengan pesatnya perubahan akibat dari kedinamisan masyarakatnya. Namun apakah suatu kota sudah siap untuk menerima perubahan yang cepat itu? Faktanya, suatu kota belum mampu untuk mengontrol perubahan-perubahan yang terjadi ditambah dengan dampak dari berkembangnya globalisasi saat ini. Hal inilah yang menimbulkan hilangnya identitas kota. Sejatinya, kebingungan akan suatu identitas kota dapat berkorelasi dengan berbagai aspek baik aspek sosial, aspek ekonomi, maupun aspek lingkungan fisik.

Seperti misalnya Kota Surakarta sebagai  kota yang kental dengan unsur budaya dimiliki dan ciri khas identitas masyarakatnya juga tak luput dari pengaruh perkembangan globalisasi sekarang. Salah satu unsur budaya yang menjadi sorotan sekaligus  seni pertunjukkan yang menjadi icon dari Kota Budaya Surakarta. Dalam hal ini yang diperhatikan  adalah  bagaimana globalisasi menggerogoti identitas Kota Surakarta dan bagaimana masyarakat Kota Surakarta mampu menjaga dan melestarikan identitas budayanya terutama dilihat dalam segi seni pertunjukkan di Kota Budaya Surakarta.

Untuk itu kami mengundang semua pemerhati kota, para akademisi, para pemangku kepentingan di Solo dan sekitarnya serta masyarakat luas untuk ikut dapat berpartisipasi dalam Konferensi dan Seminar Nasional Sosiologi Perkotaan ini yang akan dilaksanakan Kamis, 8 Desember 2016, mulai pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB di Aula FISIP UNS.

Baca:  Identitas Kultural Perkotaan

Adapun bentuk acara yaitu penyampaian materi oleh para pembicara serta paparan hasil riset yang telah dilakukan kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa Porgram Studi Sosiologi Angkatan 2014 kelas B serta seluruh peserta Seminar Nasional Sosiologi Perkotaan. Setelah acara Seminar Nasional selesai, nantinya akan diadakan pemaparan materi oleh peserta call for paper yang telah dibagi kedalam beberapa kluster-kluster sesuai dengan indikator yang telah ditentukan. Adapun untuk Lomba Call For Paper ditujukan untuk mahasiswa prograsm studi sosiologi atau program studi lain yang bersangkutan dengan Perkotaan dimana setiap paper terdiri dari maksimal 3 orang dengan biaya per paper sebanyak Rp 150.000,- dan pengiriman abstrak dan paper melalui  email:  soskot16@gmail.com .

Sub tema call For Paper:

  • Identitas Kultural Perkotaan
  • Konsumerisme Perkotaan
  • Marjinalisasi
  • Makna Ruang Kota
  • Komunitas Perkotaan

Untuk timeline Call For Paper yaitu:

  • Pengumpulan abstrak : 12 Oktober – 12 November 2016
  • Pengumuman abstrak diterima : 15 November 2016
  • Pembayaran dan pengiriman paper : 16 November – 30 November 2016

Penghargaan yang akan diberikan yaitu:

  • Paper yang terbaik akan mendapatkan hadiah berupa Uang Tunai dan Piagam Penghargaan.
  • Presentator terbaik akan mendapatkan hadiah berupa Uang Tunai dan Piagam Penghargaan.

Fasilitas yang akan didapatkan yaitu Procediing, Seminar Kit, Sertifikat, Snack dan Makan Besar.  Kami juga menyediakan 400 seats pada seminar nasional bagi audience yakni mahasiswa dan umum. Harapannya, setelah dipaparkan mengenai hasil penelitian yang dilakukan terkait dengan identitas budaya perkotaan oleh para pemateri dalam Seminar Nasional ini seluruh peserta dapat mengetahui mengenai kultur kebudayaan yang terjadi di perkotaan. Sehingga akhirnya para pendukung acara ini dan terutama kami sendiri dapat lebih mengerti tentang budaya dan dapat mengenal juga mengetahui apa itu identitas kultural perkotaan.

Untuk info lebih lanjut hubungi CP : 081914442866 (Desi Rosita). Atau pantau melaui sosial media Facebook : Sosiologi Perkotaan UNS, Twitter : @soskotuns2016,  Instagram soskotuns2016 dan Line                  : @vaz7353y

(Maryani FISIP UNS)

print

Share This: