Dua Mahasiswa Ilmu Komunikasi Kembali Juarai Ajisaka UGM 2016

Delegasi FISIP UNS nomor dari kiri
Delegasi FISIP UNS nomor 4 dari kiri

Dua mahasiswa dari Program studi Ilmu Komunikasi FISIP UNS yang tergabung dalam Tim Gendhis beranggotakan Nur Azizah Rahmawati dan Savira Qurrata Aini masing-masing dari angkatan 2014 kembali raih juara dalam ajang Ajisaka UGM 2016 yang diselenggarakan di UGM Yogyakarta. Dua mahasiswa  tersebut memenangkan kompetisi Sadewa dalam kategori Most Executable. Berbeda dengan tahun sebelumnya  2015 yang menang dalam kategori KRESNA.

Integrated Campaign tim Gendis dilatar belakangi oleh  adanya paham feminisme yaitu suatu paham yang menuntut kesetaraan bagi perempuan dalam ruang pribadi, dan ruang publik terkait hak dan kesempatan yang sama dengan laki-laki dalam mengeksplorasi diri. Meski begitu banyak miskonsepsi mengenai feminisme di Indonesia dimana feminisme cenderung dianggap sebagai  pemberontakan, penolakan, dan penyelewengan dari kodrat sebagai wanita sehingga diperlukan edukasi yang efektif untuk meluruskan definisi feminisme yang sebenarnya.

Tim Gendhis ini juga telah melakukan survey online di tiny.cc/perempuanpede dimana mereka  membuka wadah perempuan muda 16-23 tahun mencurahkan keinginan dan ketakutannya sebagai seorang perempuan serta figur wanita yang diidolakan. Tiga poin besar diambil dari hasil survey ini  adalah EDUCATION (keinginan sekaligus ketakutan menempuh jenjang pendidikan tinggi), PASSION (keinginan sekaligus ketakutan menekuni passion), dan LEADERSHIP (keinginan sekaligus memulai sesuatu atau mengambil peran penting). Sehingga tim Gendhis berhasil merumuskan ide untuk menggabungkan edukasi mengenai definisi feminisme yang sesungguhnya dengan woman empowerement dalam mengatasi ketakutannya.

Integrated Campaign Tim Gendhis FISIP UNS
Integrated Campaign Tim Gendhis FISIP UNS

Ajisaka UGM sendiri adalah kompetisi empat mata lomba bidang komunikasi yaitu Arjuna, Kresna, Prahasta dan Sadewa yang diprakarsai oleh Korps Mahasiswa Komunikasi UGM.  ARJUNA  atau ajang tentang  hasil karya fotografi yang tidak hanya menarik, namun juga memiliki pesan tersendiri. PRAHASTA adalah  merupakan perlombaan yang terkait Pertempuran Humas Nusantara  untuk melihat sejauh mana keahlian menjadi seorang PR. KRESNA adalah ajang  tentang  dunia perfilman yang tergabung dalam Kreasi Insan Sinema yang  menanti karya berkualitas  para sineas muda Indonesia. Sedangkan SADEWA (Sayembara Dewa Pariwara) adalah jenis perlombaan terkait iklan. Banyak iklan yang semakin hari semakin menarik dan kreatif. Namun, banyak pula iklan yang memiliki kemiripan konsep atau bahkan sama persis dengan iklan lainnya sehingga diperlukan  ide-ide lain  untuk membuat iklan yang berbeda.

Awarding Night Kompetisi Komunikasi Nasional Ajisaka UGM 2016ini sendiri digelar Sabtu, 5 November 2016 di Gedung Societet, Taman Budaya Yogyakarta mulai pukul 19.30 hingga pukul 21.30 WIB.  Baca Ajisaka UGM 2016 Menggelar Awarding Night sebagai Puncak Acara

Dan untuk Tim lain dari FISIP UNS  untuk kategori lain seperti KRESNA dengan Tim Fiesta FM dengan judul Shortmovie ”PULANG” dan Tim Forte Communication dalam kategori  PRAHASTA yang saat ini baru sebagai nominator dalam Ajisaka 2016  semoga tetap semangat dan dapat meraih hasil yang maksimal diajang kompetisi selanjutnya….  SEMANGATTT…… (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: