FISIP UNS Mengirim Delegasi Temu Administrator Muda 2016 di UNPAD Bandung

1Temu Administrator Muda (Temu AdMI) 2016 merupakan sebuah forum ilmiah mahasiswa Administrasi Publik/Negara  se-Indonesia yang membahas isu-isu terkini dengan sudut pandang keilmuan administrasi. Dalam temu AdMI 2016 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) yang memiliki program studi Administrasi Negara melalui Himpunan Mahasiswa Negara (Himagara)  mengirim beberapa delegasinya untuk mewakili  UNS dalam ajang bergengsi tersebut.  Lima mahasiswa  delegator tersebut adalah  Alfian Taufiq Al Hafidh (Administrasi Negara 2014), Aliefan Andre (Administrasi Negara 2015), Hasnah Udianingrum (Administrasi Negara 2015), Muhammad Noverizko Adriano (Administrasi Negara 2014) dan Sujalmo Puspo Ndaru (Administrasi Negara 2014).

2Dalam wawancara  yang dilakukan bersama salah satu delegasi, Sujalmo Puspo Ndaru, biasa dipanggil Jalmo menyatakan temu AdMI diselenggarakan di  Bale Sawala Gedung Rektorat Universitas Padjajaran  Jatinangor, mulai tanggal 24-27 Oktober 2016, bertujuan untuk  meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai reformasi birokrasi, khususnya terkait ketatalaksanaan, kelembagaan dan sumber daya aparatur negara,  menambah pengetahuan strategi, pelaksanaan, permasalahan, dan  tantangan terkait reformasi birokrasi. Dengan mengusung tema  “Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Daerah yang baik melalui Reformasi Birokrasi” acara tersebut diikuti oleh  30 Universitas di Indonesia dan  UNS merupakan salah satu anggota tetapnya.

Sebelumnya Tim delegasi UNS telah  membuat penelitian dengan judul   “Implementasi Kebijakan Remunerasi di UNS (Perspektif Peningkatan Kinerja) “ sebagai bahan diskusi dan masukkan dalam rekomendasi yang akan diajukan kepada para  stakeholder dari pemerintah,  yang bertujuan untuk perbaikan maupun reformasi birokrasi ASN sebagai  upaya  melakukan pembaharuan dan perubahan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business prosess) dan sumber daya aparatur negara.

Adapun alasan mengapa memilih kelima mahasiswa tersebut untuk mengikuti Temu AdMI 2016 ini menurut Jalmo selanjutnya, karena Temu Admi 2016 merupakan  tanggung jawabnya di Departemen Humas dan Jaringan,  kemudian M Noverizko dibidang  Departemen Kajian Ilmiah (DKI), Alfian Taufiq di Departeman Kemahasiswaan (DKM), Aliefan Andre di Departeman  Pengembangan Organisasi (DPO) dan Hasnah sebagai partisipan Non-Himagara berdasarkan Open Recruitment yang telah dilakukan.

Temu AdMI sendiri merupakan sebuah forum ilmiah mahasiswa Administrasi Publik/Negara Indonesia yang membahas isu-isu terkini dengan sudut pandang keilmuan administrasi. Kegiatan ini akan diisi dengan berbagai rangkaian  kegiatan dan  dibuka langsung  oleh Wakil Presiden Republik Indonesia  Bapak  H. Muhammad Jusuf Kalla.

3Dalam kesempatan ini, delegasi dari UNS  mendapat dua apresiasi   sebagai  Delegasi Terbaik oleh M Noverizko karena keaktifannya  dan Sujalmo P. Ndaru   dipilih sebagai moderator 2 dalam musyawarah pengambilan keputusan untuk evaluasi, penentuan tema dan tuan rumah bersama dengan moderator lain dari UNPAD untuk temu AdMI 2017.

Dengan  reformasi birokrasi,diharapkan  langkah strategis  dalam membangun aparatur Negara dapat  lebih berdaya dan berhasil guna dalam mewujudkan tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional yang menuntut birokrasi pemerintahan bersih berdasarkan  dinamika serta tuntutan masyarakat. Selamat kepada para delegasi UNS  semoga semakin berjaya di kancah nasional bahkan Internasional. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: