FISIP UNS Adakan Lokakarya Peninjauan Kurikulum dan Penyusunan SKPI Program Studi

1Dalam rangka menyesuaikan kurikulum pada semua program studi yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret berdasarkan Peraturan Rektor Universitas Sebelas Maret Nomer 582/UN27/HK/2016 tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan Program Sarjana dan 583/UN27/HK/2016 tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan untuk program studi diploma, maka Jumat-Sabtu, 28-29 Oktober 2016 dilaksanakan Lokakarya  Peninjauan Kurikulum dan Penyusunan SKPI  Program Studi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret di Hotel Asri 1 Tawangmangu Karanganyar. Lokakarya ini diikuti oleh  jajaran pimpinan, kepala program studi, dan tim kurikulum dari masing-masing program studi baik S1 maupun Diploma.

2Dengan diberlakukannya kedua Peraturan Rektor UNS tersebut memiliki konsekuensi pada keharusan bagi setiap pengelola program studi untuk melakukan penyesuaian pada sistem belajar mengajar yang selama ini telah ditetapkan. Sehingga setiap  program studi harus  mereview kembali kurikulum akademiknya secara intens  dengan melibatkan para stakeholder masing masing terkait pengelolaan program studi baik identifikasi mata kuliah, pembobotan satuan kreditnya, serta  distribusi setiap mata kuliah pada tiap semesternya.

3Hasil Lokakarya ini untuk berikutnya akan dijadikan pedoman bagi fakultas dalam menjalankan kegiatan kegiatan akademik dan non akademiknya, sekaligus menjadi standart untuk melihat tingkat keberhasilannya proses pendidikan bagi seluruh mahasiswa. Tentu saja sangat dimungkinkan bahwa dalam kurun waktu tertentu akan banyak muncul kepentingan yang perlu diakomodir dalam kurikulum ini, maka sangat dimungkinkan bahwa kedepan akan secara rutin diselenggarakan lokakarya sejenis dalam rangka memperoleh sistematika pembelajaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan visi misi  institusional.

Dekan FISIP UNS Prof Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni,M.Si juga berharap bahwa dengan lokakarya ini dapat digunakan untuk memformulasikan penciri khusus FISIP UNS dalam mewujudkan leading the future society, misalnya Prodi Sosiologi dengan sosiologi pembangunan dan perubahan sosial, Prodi Hubungan Internasional dengan soft power diplomacy, Prodi Ilmu Administrasi Negara dengan human governance dan prodi ilkom dengan spesialisasi-spesialisasi matakuliahnya. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: