Kuliah Umum “Meta Masalah-Masalah Sosial dan Pengembangan Sosiologi Klinis”

1Dalam rangka memberikan penguatan materi perkuliahan bagi dosen, dan mahasiswa  terkait permasalahan sosial yang merupakan realitas sosial, Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) dan Laboratorium Sosiologi UNS  bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Sosiologi (HIMASOS) mengadakan Kajian dan Kuliah Umum tentang  “Meta Masalah-Masalah Sosial dan Pengembangan Sosiologi Klinis” yang diselenggarakan  Rabu, 26 Oktober 2016, mulai pukul  09.00 – 13.00 WIB di Aula FISIP UNS,  dengan menghadirkan narasumber : Dr. Benny Setia Nugraha, M.Si (Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial (KB2P3KS)  Yogyakarta), Dra. Rahesli Humsona, M.Si (Dosen Prodi Sosiologi FISIP UNS), dan Puji Laksono, M.Si (Dosen Sosiologi dari  Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, Institut KH. Abdul Chalim Mojokerto) dan  diikuti lebih dari 100 orang.

4Dalam sambutannya Dekan FISIP UNS Prof. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si menyampaikan bahwa permasalah sosial di masyarakat bukan hanya dapat diteliti oleh satu program studi saja, melainkan dapat dilakukan dengan cara kolaborasi bersama  program studi lainnya.  Dari tema yang diangkat Beliau menambahkan bahwa meta masalah-masalah sosial dan pengembangan sosiologi klinis nantinya diharapkan dapat dijadikan penciri khusus Prodi Sosiologi FISIP UNS yang membedakan Prodi Sosiologi ini dengan fakultas bahkan universitas lainnya. Beliau juga berharap dengan hadirnya para narasumber seperti Bapak Benny Setia Nugraha  selaku KB2P3KS ke FISIP UNS ini nantinya dapat ditindaklanjuti dengan  aksi nyata  semisal  kolaborasi bersama tentang penelitian dan pengabdian masyarakat  yang berdampak langsung pada masyarakat mengingat saat ini UNS merupakan salah satu universitas unggul di Indonesia.

Baca juga : Pengembangan Sosiologi Sebagai Solusi Masalah Sosial

5Sedangkan dalam kata pengantarnya Kepala Program Studi Sosiologi FISIP UNS Dr. Ahmad Zuber DEA, menambahkan bahwa alumni Prodi Sosiologi FISIP UNS nantinya, harus memiliki 4 kompetensi bidang sosiologi yang meliputi kompetensi dalam penelitian, analisis perencanaan sosial, analisis pembangunan sosial dan analisis permasalahan sosial sebagai penciri khusus alumni FISIP UNS. Dengan  terselenggaranya kegiatan ini maka diharapkan dapat memberikan penguatan materi perkuliahan bagi dosen, maupun  mahasiswa khususnya mengenai kajian “Meta Masalah-Masalah Sosial & Pengembangan Sosiologi Klinis,  dapat menghidupkan atmosfer akademik di FISIP UNS nantinya         serta dapat  memberikan pemikiran futuristik berkaitan dengan pengetahuan riset terkait dengan masalah-masalah sosial. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: