Debat Kepemimpinan Nasional Bersama ANFEST 2016

2Debat nasional adalah satu rangkaian acara ANFEST 2016, yang diselenggarakan mulai tahun 2016 oleh Himpunan Mahasiswa Administrasi Negara (HIMAGARA)  FISIP UNS dengan tema “Politik Kepemimpinan” kegiatan ini diikuti oleh 32 tim masing-masing tim terdiri dari 3 peserta.  Adapun pelaksanaan debat  Sabtu-Minggu tanggal 22-23  Oktober 2016 di Aula FISIP UNS. Dimulai dengan  babak penyisihan yang dilakukan dalam dua kali sesi debat yang masing-masing dilaksanakan di Ruang Kelas Gedung 2 lantai 2 FISIP UNS mulai pukul 07.45 – 14.00 yang kemudian akan diambil beberapa peserta untuk mengikuti babak  Semifinal dan final pada hari minggunya.

1Dari data panitia,  para peserta debat ini  datang dari 17 universitas bukan hanya dari Jawa Tengah saja tetapi ada yang berasal dari luar pulau Jawa seperti Universitas Sriwijaya   (UNSRI) Palembang, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Brawijaya (UB) Malang, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Hasanudin (UNHAS) Makassar, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) , Universitas Surakarta,  Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung, Universitas Airlangga Surabaya (UNAIR), Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, Universitas 17 Agustus (UNTAG) Semarang dan Universitas Sebelas Maret (UNS) sendiri.

3Peserta debat merupakan tim yang beranggotakan 3 (tiga) orang mahasiswa/i aktif S1 maupun D3 seluruh universitas di Indonesia. Anggota dalam 1 tim dapat berbeda angkatan namun harus berasal dari 1 universitas.

Adapun mekanisme Debat kali ini  diselenggarakan menggunakan Asian Parliamentary Debate System, dengan mempertemukan dua regu yang berada pada posisi yang berlawanan (Affirmative/Government dan Opposition). Setelah ditentukan Affirmative dan Opposition, serta mosi, peserta mendapatkan waktu 15 menit untuk memperisapkan argumen untuk mendukung (Affirmative) ataupun menolak (Opposition) mosi tersebut. setelah 15 menit kedua tim dipersilahkan untuk memulai debat, dengan format:  Setiap tim terdiri dari: 1st speaker,  2nd speaker, 3rd speaker, Reply speaker (dibawakan oleh 1st/ 2nd speaker). Sedangkan Waktu dari masing-masing regu diberikan waktu maksimal 7 menit 20 detik.

4Acara berlangsung hidup karena para peserta yang saling berdebat dan berargumentasi  tentang tema yang diusung  berdasarkan teori, filsafat, pengalaman serta pemahaman para peserta . Menurut penanggungjawab kegiatan Adi Priya secara umum pelaksanaan debat nasional ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kritis mahasiswa di Indonesia dalam menanggapi isu politik di Indonesia terkait dengan kepemimpinan baik di dalam maupun luar negeri. (Maryani FISIP UNS).

print

Share This: