Administrasi Negara Festival 2016 “Dari Pemimpi Menjadi Pemimpin”.

Dalam rangka mengingatkan kembali peran pemuda sebagai agen perubahan dalam semua bidang kehidupan berbangsa dan bernegara, Himpunan Mahasiswa Administrasi Negara yang tergabung dalam HIMAGARA FISIP UNS akan menyelenggarakan Administrasi Negara Festival 2016  dengan tema “Dari Pemimpi Menjadi Pemimpin”. Acara  ini terbagi kedalam tiga bagian kegiatan yaitu Seminar Nasional, Lomba Debat Nasional, dan Trofeo.

Seminar Nasional dengan Sub tema  “Feminisme Dalam Kepemimpinan” digelar dengan asumsi bahwa Feminisme merupakan sebuah gerakan yang diawali oleh keinginan wanita dalam mewujudkan gender equality (emansipasi). yang sudah banyak  terwujud dan membuahkan hasil. yang dibuktikan dengan munculnya beberapa  pemimpin perempuan dibidang-bidang tertentu yang kredibilitasnya tidak diragukan lagi.   Dalam seminar tersebut akan mengundang kolaborasi empat pembicara yang yang tidak diragukan lagi (walaupun saat ini masih dalam konfirmasi akhir)  yang diharapkan mampu  memberikan pandangan baru  tentang konsep feminisme saat ini. Seminar Nasional ini juga direncanakan terselenggara  Sabtu , 29 Oktober 2016.

Debat Nasional Anfest 2016 dengan sub tema “Politik Kepemimpinan” dilatarbelakangi oleh hakekat seorang Pemimpin adalah  pemandu, sekaligus panutan bagi yang dipimpin. Ketiadaan pemimpin membuat masyarakat menjadi kacau, bahkan berseteru satu sama lain sehingga kehadiran mereka sangat diperlukan  untuk mempersatukan dan mengelola berbagai potensi konflik yang ada, dalam bingkai kebersamaan sehingga menjadi suatu kekuatan yang diperhitungkan. Dari seluruh mahasiswa Ilmu Administrasi Negara maupun jurusan lainnya di perguruan tinggi seluruh Indonesia, ditargetkan ada 32 tim dengan masing-masing 3 (tiga) orang perwakilan dari setiap universitas yang mengikuti lomba debat Administrasi Negara Festival 2016. Acara ini akan dilaksanakan Sabtu, 22 Oktober 2016, mulai pukul  07.30 WIB – selesai bertempat di Gedung 4 dan Ruang Seminar FISIP UNS.

Trofeo 2016 atau Pekan Olahraga yang diselenggarakan oleh HIMAGARA FISIP UNS  dengan sub  tema “Semangat Pemimpin Semangat Sportivitas”. Trofeo bertujuan untuk mengakrabkan mahasiswa antar angkatan di program studi Administrasi Negara FISIP UNS baik  reguler  maupun transfer angkatan 2013, 2014, 2015, dan 2016. Tema ini dipilih karena diharapkan jiwa-jiwa pemimpin muda tidak melupakan nilai sportivitas dalam suatu pertandingan. Adapun jenis perlombaan yang dipertandingkan adalah (1) Basket, mulai Rabu–Jum’at, 19 – 21 Oktober 2016 pukul      13.00 – 16.30 WIB di  GOR UNS, (2) Futsal, Selasa – Kamis/ 25-27 Oktober 2015, pukul         : 13.00–16.30WIB di Lapangan Fakultas Hukum UNS, (3) Volley,  Senin – Selasa, Senin/ 17-18, 24 Oktober 2015 pukul            13.00-16.30WIB di Lapangan Fakultas Hukum UNS.

Menurut Ketua Penyelenggara Mahardika kegiatan ini  diharapkan dapat menjadi bahan kajian dan pembelajaran   serta upaya  meningkatkan daya kritis dan respon mahasiswa khususnya dari   program studi Ilmu Administrasi Negara dan program studi lain terhadap isu-isu public, dapat meningkatkan solidaritas serta menumbuhkan kesadaran akan pentingnya olahraga khususnya bagi Mahasiswa program studi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNS, dan memberikan pengetahuan semua peserta  agar dapat menjadi generasi penerus bangsa yang tidak takut bermimpi dan dapat  menciptakan calon pemimpin-pemimpin muda yang berkualitas bagi Indonesia nantinya.

print

Share This: