Menang Menulis, Mahasiswa FISIP UNS Liburan ke Malaysia

 

1Moh Luthfi Syamsudin,  mahasiswa Prodi  Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik  Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) angkatan 2013, telah  memenangkan Lomba Menulis Artikel  #IniPlesirku yang diselenggarakan oleh Hipwee.com. Lomba #IniPlesirku adalah lomba menulis artikel pengalaman perjalanan melalui website Hipwee.com. Lomba ini menantang para pesertanya  menceritakan kembali pengalaman plesir mereka dalam sebuah artikel yang unik, menarik dan informatif.

2Mahasiswa yang akrab disapa Luthfi itu menulis pengalaman perjalanannya yang sempat tersesat di Kota Bau-Bau, Pulau Buton, Sulawesi Tenggara saat akan menghadiri sebuah forum pemuda nasional, Indonesia Youth Forum (IYF) di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara tahun 2014. Dia  menceritakan pengalamannya menjelajah Kota Bau-Bau, Pulau Buton dengan budget dan pengetahuan yang minim. Ia juga memaparkan kembali kejadian saat ia tersesat dan harus menetap selama dua hari satu malam di pulau tersebut karena ketinggalan pesawat dan terpisah dari rombongannya di Makassar.

Menurut pengakuan Luthfi, artikel dengan  judul “Tersesat Bukan Berarti Kiamat”, adalah karyanya dalam kondisi yang terbatas dan mendesak sehingga menghasilkan   sembilan hal ini yang bisa dilakukan di Kota Bau-Bau dengan  modal nekat dan uang pas-pasan. Artikel “Tersesat  Bukan Berarti Kiamat” dalam lomba   #IniPlesirku”  ini juga pada akhirnya berhasil menjadi artikel terbaik kedua di antara 250-an artikel yang diikutsertakan dalam perlombaan #IniPlesirku. Selain itu, artikel ini  telah menarik perhatian pembaca Hipwee.com karena telah dibagikan (shared) sebanyak 199 kali di media sosial.

3Atas kemenangannya tersebut, Luthfi mendapatkan tiket pesawat gratis senilai Rp 1.500.000 untuk terbang ke destinasi manapun. Dan Dia memilih untuk pergi menjelajah ke negeri Jiran, Malaysia pada 30 September – 2 Oktober 2016. Luthfi memanfaatkan kesempatan tersebut  untuk belajar mengenai pendidikan, kebudayaan dan teknologi yang ada di Malaysia. Ia mengunjungi International Islamic University Malaysia (IIUM) untuk melihat bagaimana suasana kampus islam berskala internasional di Malaysia. Luthfi juga mengunjungi Petaling Street (China Town), Pasar Seni, Central Market, Colmar Tropicale (Taman Tematik Perancis) dan Genting Highlands untuk belajar tentang kebudayaan dan tempat wisata di Malaysia. Selain itu, Luthfi juga mengunjungi spot kebanggaan Malaysia, Petronas Twin Towers di Kuala Lumpur City Centre (KLCC). Selamat deh buat mas Luthfi…. ditunggu tulisan selanjutnya Menulis membawa Nikmat ….(Maryani FISIP UNS)

print

Share This: