Visiting Lecture Bersama Dr. Kamaruzzaman Bin Yusoff

1Rabu, 12 Oktober 2016 bertempat di Ruang Seminar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS)  telah dilaksanakan kegiatan visiting lecture  bersama   Dr. Kamaruzzaman Bin Yusoff dari Faculty of Islamic Civilization Universiti Teknologi Malaysia, Johor. Beliau hadir di FISIP  UNS sekitar pukul 14.00 WIB setelah sebelumnya mengadakan ramah tamah dengan Rektor Universitas Sebelas Maret Prof Dr. Ravik Karsidi,M.S di Gedung Rektorat.

Dalam visiting lecture  yang mengambil tema besar tentang “Conflict In The Midle East : How The Islamic Issue In International Publications yang dibuka oleh Dekan FISIP UNS tersebut, Prof Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni,M.Si berharap dan berpesan semoga dengan banyaknya kegiatan visiting lecture dengan narasumber dari luar negeri ini, nantinya dapat mendongkrak publikasi internasional FISIP UNS khususnya  dikancah internasional baik dilakukan lewat artikel, jurnal maupun proceeding yang ditulis oleh sivitas akademik FISIP UNS baik dosen maupun mahasiswanya.

5Dalam paparan singkatnya mengenai tema yang diangkat ini Dr. Kamaruzzaman menyampaikan tentang tiga spektrum dalam dunia Islam  yaitu  Islam itu memberi rasa aman, nyaman, harmonis, damai, humanisme, Islam merupakan identitas bangsa, serta Islam dan peradaban  dunia . Beliau  membagi wilayah utama Dunia Islam meliputi Timur Tengah, Asia Tengah, Asia Selatan Dan Asia Tenggara. Beliau memberi gambaran dari masing-masing wilayah tersebut.  Seperti misalnya yang menonjol atau signifikan di asia barat  adalah  bagian dari  internasional, memiliki  lokasi yang  strategis, sebagai pusat semua agama (Yahudi, Kristen, Islam), penghasil minyak bumi terbesar,  dan adanya  beberapa konflik yang menyebabkan   ketidakstabilan  bidang politik dan ekonomi dan sebagainya.

3Namun ternyata tidak semua spectrum yang ada  terjadi. Hal ini  disebabkan karena masih ada beberapa  isu utama yang berkaitan dengan dunia muslim seperti peristiwa 11 September,  adanya benturan peradaban, jatuhnya Uni Soviet, berakhirnya perang dingin, globalisasi , pergolakan di daerah  arab dan sekitarnya seperti Hubungan iran Saudi, perang syiah sunni, konflik Suriah, Konflik Palestina dan Israil serta ISIS dan Al Qaeda.

Dari semua permasalahan yang ada, beliau menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait  konflik di Asia Tengah dan publikasi Internasional terhadap dunia islam ini  antara lain fokus pada nilai-nilai universal (bersih, tulus, tranparan, perhatian, agama, kesejahteraan dan kesehatan, Inklusive tidak eksklusif, serta  konsen percaya satu sama lain sehingga dapat menghilangkan stigma negative dalam dunia islam saat ini terkait pelabelan dunia Islam yang sangat merugikan, adanya islamopobia diantara masyarakat lain serta meningkatkan pemberitaan yang positif tentang dunia islam yang rohmatal lil alamin atau rohmat bagi semua mahkluk didunia ini. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: