UNS Kukuhkan Prof. Dr. Widodo Muktiyo sebagai Gubes Bidang Ilmu Komunikasi

pak-widodo-muktiyoBertempat di Auditorium UNS, 6 Oktober 2016, Prof Dr. Widodo  Muktiyo  dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomer 49510/A2.3/KP/2016 tanggal 27 Mei 2016.  Dengan dikukuhkannya Beliau maka saat ini FISIP UNS memiliki 5 Guru Besar.

Dalam pidato pengukuhan yang berjudul “Pentingnya Peran Negara Menjaga Keseimbangan Media Dalam Tarikan Kepentingan Kapitalis Dengan Publik” beliau menyampaikan  bahwa media mencerminkan aktualisasi dan ekspresi serta kepentingan manusia yang pada gilirannya akan memberi pengaruh, warna dan dampak bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam konteks Negara media selain bermanfaat untuk manusia  tak jarang dimanfaatkan disalahgunakan oleh kelompok-kelompok tertentu sehingga menimbulkan pergolakan politik maupun ideologi, hal ini terbukti dengan sejarah bangsa Indonesia sejak kemerdekaan, orde lama, orde baru, dan masa reformasi ini.

Dengan merefleksikan sejarah perkembangan bangsa Indonesia dan perkembangan media  saat ini  kehadiran Negara  sebagai penjaga keseimbangan sangat dibutuhkan guna memastikan berjalan dengan baiknya  praktik bermedia di ranah public sebagai bentuk tanggung jawab kepada rakyat sehingga kepentingan public dapat terakomodasi sesuai dengan porsi masing-masing.

Pada akhir pidatonya Prof. Dr. Widodo Muktiyo menggarisbawahi  bahwa  arus demokratisasi informasi yang didukung adanya teknologi komunikasi dan informasi  semestinya tidak dibiarkan apa adanya harus ada regulasi guna merspon perubahan  melalui pengelolaan komunikasi baik offline (face to face) maupun online  sehingga terjadi proses pendewasaan bermedia di masyarakat.  Selain itu  kehadiran media dalam era konglomerasi dan konvergensi media harus diatur melalui lembaga atau instansi yang berwenang penting diberdayakan  sesuai kewenangan  sehingga dapat berjalan efektif dan efisien karena kehadiran iklim bermedia  yang baik dapat menumbuhkan ruang publik dalam interaksi sosial yang dinamis dalam mencerna informasi yang sarat kepentingan ini. (Maryani FISIP UNS)

Curiculum Vitae Prof. Dr. Widodo Muktiyo baca DISINI.

print

Share This: