Pelatihan Penyusunan Proposal PKM FISIP UNS 2016

2Setelah dilaksanakan kegiatan sosialisasi  bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik pada bulan Agustus 2016 kemarin disusul kembali dengan kegiatan Lokakarya penysunan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dengan target bahwa para peserta yang hadir saat itu sudah memiliki program peminatan yang akan diikuti. apakah   PKM-Penelitian (PKMP), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dan PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-I).

Lokakarya sekaligus workshop ini diikuti oleh 40-an orang, ada yang sudah siap dengan  proposal PKM  tetapi ada juga yang masih dalam bentuk draf proposal yang akan dikonsultasikan dengan pembimbing yang saat itu mendampingi.  Tiga dosen pendampin yang hadir sebelumnya telah memberi materi singkat berkaitan dengan beberapa kategori PKM yang dilombakan. Dra. Trisni Utami, M.Si  memberikan materi dengan tema “Proyek Penyusunan Proposal PKM, pemilihan judul masalah dan keunggulan sebagai keunikan PKM”, Dra. Sofiah MSi “Penyusunan PKM  pengabdian masyarakat dan tantangan solusi penyelesaian masyarakat kelompok sasaran dan Herwan Parwiyanto memberi materi tentang  “Penyusunan PKM  kewirausahaan menuju budaya enterpreunership mahasiswa”.

3Dilaksanakan Kamis,  6 Oktober 2016 di Gedung Pusdiklat UNS Solo  diawali dengan pembukaan sekaligus pengarahan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Dan Alumni, Dr. Sutopo,M.S. Dalam sambutannya beliau tetap menekankan pentingnya memiliki kemampuan softskilll sebagai modal non akademik dalam menapaki  perkembangan yang ada dimasyarakat,  karena  adanya nilai plus bagi setiap mahasiswa yang memiliki karya baik itu dibidang penelitian, pengabdian pada masyarakat, penulisan artikel maupun kewirausahaan. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa  saat ini Pimpinan FISIP tidak terlalu menekankan pada kuantitas  PKM untuk tahun 2017 melainkan juga  kualitas dari karya yang dihasilkan. Dalam lokakarya ini  bagi mahasiswa  yang belum memiliki kelompok juga akan  dibentuk kelompok-kelompok sesuai dengan minat dan bidang masing-masing. Dan setiap mahasiswa nantinya akan mendapatkan pendamping PKM berdasarkan kompetensi dari dosen yang ditunjuk. Selain itu diharapkan hasil dari PKM ini juga diharapkan  ada benang merah penelitian yang diakukan misalnya dengan kelanjutan penyelesaian skripsi atau tugas akhir dari mahasiswa yang bersangkutan. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: