Pendampingan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Siswa SMA Negeri 2 Sragen

2Dalam rangka membekali dan mengenalkan siswa SMA Negeri  2 Sragen tentang dunia riset  atau penelitian, Selasa  27 September 2016 diselenggarakan  kegiatan pendampingan pelatihan penulisan  karya tulis ilmiah bagi perwakilan siswa IPS SMA Negeri 2 Sragen dengan jargon  penelitian  Smartcom (SMANDA  Research Community ) SMA Negeri 2 Sragen.

Menurut guru pendamping Rita Indarwatik,  S.Sos, M.Si yang juga alumni dari Prodi Sosiologi FISIP UNS,   kegiatan  ini dilatarbelakangi oleh harapan sekolah  khususnya SMA Negeri 2 Sragen untuk meningkatkan  kemampuan siswa  atau anak didik  dalam dunia riset  sehingga mampu  mengenali segala permasalahan  yang ada dilingkungan sekitar,  mampu memetakan permasalahan serta mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi tersebut.  Sebagai pioner atau pilot project Beliau mengungkapkan saat ini baru 15 siswa yang diajak  dalam  kegiatan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah  ini, tetapi  tidak menutup kemungkinan dikemudian hari   akan ditingkatkan jumlah siswanya mengingat kebutuhan  akan mengenali persoalan social senantiasa mengikuti perkembangan zaman do era komunikasi dan globalisasi ini.1

Dengan menggandeng  dua dosen sosiologi Akhmad Ramdhon, S.Sos ,M.A dan Siti Zunariyah, S.Sos, M.Si  kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh ke-15 peserta  yang ikut dalam kegiatan tersebut.   Pada awalnya para siswa diajak mengidentifikasi setiap  aktifitas social yang ada dilingkungan sekitarnya mulai dari keluarga, sekolah hingga masyarakat. Kemudian para siswa ini diajak mengenali dari aktifitas sosial yang ada tersebut apakah ada benturan, konflik atau permasalahan akibat proses  interaksi social yang dilakukan.  Selanjutnya  siswa diberi waktu dan dibuat kelompok kecil untuk mendiskusikan sekaligus  mempresentasikan kepada semua yang hadir tentang permasalahan dan solusi yang ditawarkan untuk mendapat respond dan umpan balik dari semua peserta yang hadir.

3Dari gambaran singkat yang dapat ditangkap, menurut salah satu siswa yang mengikuti kegiatan tersebut adalah sangat senang karena selain memberi kesempatan menemukan dan memecahkan masalah juga memberi kesempatan mengemukakan gagasan nyata terhadap perbaikan kondisi sosial di masyarakat. Sedangkan menurut guru pembimbing Rita Indarwati, sangat senang dan bangga karena ternyata dari kegiatan yang dilakukan tersebut mampu membuka wawasan siswa-siswanya peduli terhadap lingkungan  mampu berkontribusi sesuai dengan bidangnya dan  kedepan diharapkan  dapat dijadikan  sebuah karya ilmiah atau penelitian yang bermanfaat  baik  semua orang baik ditingkat nasional bahkan internasional. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: