Aksi Donor Darah Mahafisippa Kerjasama dengan PMI Cabang Surakarta

3Rabu, 21 September 2016 telah diselenggarakan  kegiatan doroh darah kerjasama antara unit kegiatan mahasiswa  FISIP Pencinta alam atau dikenal dengan Mahafisippa dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Surakarta. Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 08.30-14.00 di Public Space 1 FISIP UNS mendapat tanggapan  positif dari semua sivitas akademik FISIP UNS. Bahkan ada dari beberapa  pendonor tersebut adalah pendonor aktif yang secara rutin mengikuti aksi doroh darah setiap kali dilaksanakan di FISIP UNS ini.

Menurut Ketua Mahafisippa Ahmadun kegiatan ini merupakan  salah satu aksi nyata dari program kerja  yang  dijalankan Mahafisippa setiap tiga bulan sekali  bekerja sama  dengan organisasi lain dalam menyediakan darah bagi yang membutuhkan.  Agar darah yang diberikan dapat memberi manfaat bagi orang lain  maka akan dilakukan pemerikasaan terlebih dahulu oleh dokter,  yang berguna untuk memastikan bahwa darah yang didonorkan adalah sehat, serta mampu mencegah adanya resiko penularan penyakit  akibat transfusi darah seperti HIV/aids,  hepatitis  dan penyakit menular lainnya.2

Banyak  manfaat donor darah bagi kesehatan  bagi penerima donor  salah satu contohnya adalah  bisa menoolong nyawa karena pada situasi dan  kondisi tertentu yang memaksa mendapat transfusi darah, kemudian disaat situasi genting dan  membutuhkan darah dalam jumlah yang cukup maka  PMI atau rumah sakit   memiliki stoknya .  Bagi  pendonor pun donor darah mampu menjaga  kesehatan darah karena dilakukan secara rutin sehingga terdekteksi lebih awal jikalau ditemukan keluhan penyakit. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: