Pembinaan ESQ Tahun 2016 Bagi Tenaga Kependidikan FISIP UNS

1Dalam rangka meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret  (FISIP UNS) dalam mengelola aktifitas emosi dan kecakapan dalam menyelesaian setiap permasalah kehidupan  menjadi lebih baik dan bertanggungjawab, Pimpinan FISIP UNS  menyelenggarakan  kegiatan dengan tema “Pembinaan ESQ Tahun 2016 Bagi Tenaga Kependidikan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Menuju Excellent  Service” yang diselenggarakan mulai Jumat-Minggu, 16-18 September 2016 di Kota Magelang.

Kegiatan tersebut diikuti oleh semua tenaga kependidikan di FISIP UNS kecuali yang ijin, dan beberapa tenaga satuan pengamanan yang tetap wajib bertugas. Selain materi yang bersifat klasikal atau dengan media ruang, kegiatan ini juga dilakukan melalui media luar ruang (outbond) dan diakhiri dengan mensyukuri nikmat alam yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa melalui aktifitas  tadabur alam.

Dalam pembukaan dan kata sambutannya Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Drs. Hamid Arifin, M.Si menyambut baik kegiatan ini karena agar mampu menjadi aparatur sipil Negara (ASN) yang baik setiap pegawai FISIP khususnya,  melalui pengalaman dan pengetahuannya dapat memberikan pelayanan yang baik (excellent) kepada semua pengguna layanan yang ada (stakeholders) baik dikalangan dosen, mahasiswa maupun masyarakat lainnya. Walaupun menurut Beliau kegiatan tersebut tidak harus dilakukan selamanya melalui kegiatan dalam ruang tapi bisa dilakukan melalui media pembelajaran andragogi atau  pembelajaran untuk  orang dewasa dengan cara yang menyenangkan diluar ruangan atau bukan klasikal yang melibatkan  kemampuan  biologis,  sosial dan psikologisnya. Karena kedewasaan seseorang  bukan hanya ditentukan oleh kemampuan seseorang bereproduksi saja melainkan juga mampu melakukan peran-peran sosial yang dibebankan kepadanya serta   telah memiliki tanggung jawab terhadap kehidupan dan keputusan yang diambilnya.

2Sedangkan Kepala Bagian Tata Usaha FISIP UNS, Retno Purwaningsih,SIP selaku pimpinan dan ketua penyelenggara menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan ini  selain sebagai pembinaan bagi tenaga kependidikan di FISIP UNS melalaui pemahaman  tentang konsep emotional spiritual quation (ESQ) baik secara teoritis maupun konteks penerapannya juga memberi forum bagi setiap tenaga kependidikan untuk berlatih mengekspresikan potensi dirinya melalui tanggung jawab kinerja baik social maupun spiritualnya dan tak lupa  dimaksudkan agar dapat meningkatkan pelayanan kepada semua  stake holder  menuju budaya kerja UNS budaya Active dalam poin customer satisfaction yaitu dapat memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan kepada semua pengguna layanan  baik dosen, mahasiswa maupun masyarakat   lainnya yang peduli (care) menyayangi (love) senyum (smile).(Maryani FISIP UNS)

print

Share This: