Prodi Hubungan Internasional FISIP UNS (Kembali) Selenggarakan Kuliah Pakar

Kamis, 151  September 2016 pukul 09.00-12.00 WIB bertempat di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS)  diselenggarakan kembali  kegiatan kuliah pakar oleh Program Studi Hubungan Internasional FISIP UNS dengan mengundang   Narasumber H.E. Duta Besar Drs. Bunyan Saptomo. MA  dengan tema “Diplomasi Dalam Praktek Hubungan Internasional” yang  dihadiri oleh dosen, mahasiswa dari berbagai bidang keilmuan baik S1, S2 maupun S3.

Menurut Prof . Dr. Andrik Purwasito, DEA  selaku Kepala Program Studi Hubungan Internasional FISIP UNS sekaligus moderator menyampaikan bahwa  kuliah pakar ini merupakan kegiatan yang menitik beratkan pada pemberian materi  dan informasi yang up to date tentang new current affair dimana bidang hubungan internasional khususnya Program Studi Hubungan Internasional FISIP UNS sangat membutuhkan pemikiran yang segar (fresh) dan mengikuti perkembangan jaman (up to date) guna membekali  setiap mahasiswanya akan  pengalaman dan pengetahuan-pengetahuan baru dibidang teknologi dan komunikasi.2

Selain itu Program Studi Hubungan Internasional juga dituntut untuk senantiasa mengembangkan  dan mempelajari segala isu yang terjadi di kancah intemasional,  dan mencakup segala aspek kehidupan seperti ekonomi, politik, social dan budava (multidisciplinary) karena Isu-isu yang berkembang di dunia sangat cepat dan dinamikanya sangat tinggi. Untuk kepentingan tersebut dibutuhkan informasi yang cepat dan akurat dari para pelaku Hubungan Internasional, seperti diplomat dan praktisi yang mempunyai komptensi dalam bidang masing-masing. Kuliah bertaraf internasional sangat dibutuhkan oleh mahasiswa dan dosen HI sebagai pembekalan yang cukup untuk memasuki pasar keda dan meningkatkan kompetensi dalam bidang Hubungan intemasional. Program kerjasama akademik dengan institusi di Luar negeri   dalam   bentuk melaksanakan   kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas output melalui Kuliah Pakar Bereputasi Internasional.

3Adapun tujuan  dari kegiatan ini adalah meningkatkan kerjasama internasional dengan lembaga di luar negeri seperti  bertaraf internasional seperti Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), dan lembaga lain yang dapat memberikan wawasan dan pengetahuan kepada semua peserta baik dosen mahasiswa maupun akademisi lain melalui kuliah pakar bertaraf internasional serta  memberikan pengalaman dan penajaman dalam  mempercepat penulisan skripsi serta menambah jaringan akademik dan pasar kerja bertaraf  internasional. (Maryani FISIP UNS)

Ingin mengenal Drs. Bunyan Saptomo. MA DISINI

print

Share This: