FISIP menjadi Tuan Rumah dalam Pengajian Agama Islam di UNS

1Momentum Hari Raya Qurban atau Idul Adha 1437 Hijriah atau bertepatan dengan tanggal 12 September 2016 menjadi satu tema dalam kegiatan  Pengajian dalam Rangka Pembinaan Karakter Pegawai  di Ruang Sidang 2 Universitas Sebelas Maret,  pukul 07.00-08.00 WIB, Hari  Rabu, 7 September 2016, dengan pembicara Drs. Hamid Arifin ,M.Si. Dan kebetulan di Bulan September 2016 ini,  FISIP UNS menjadi tuan rumah atau  shohibul bait dalam kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Tim Pembina Agama Islam di UNS ini.

Dalam isian tausiahnya Bapak Hamid Arifin menyampaikan tema yang berkaitan dengan ibadah qurban yang sebentar lagi akan datang. Dalam paparan beliau menyampaikan bahwa hikmah berqurban sangat besar dilihat dari berbagai segi sendi kehidupan.  Berqurban  selain sebagai salah bentuk  ketetapan Alloh SWT (Tuhan)  bagi yang mampu, juga merupakan  bentuk rasa syukur (gratifikasi) atas nikmat yang diberikan Tuhan  kepada kebanyakan manusia.  Dengan berqurban, dapat melatih manusia melepas sebagian kehendak, nafsu, keinginan dan harapan  yang ingin dipenuhi. Beliau juga menyuplik pendapat  Mark Davies (2005) tentang manfaat berbagi (dalam hal ini berkurban) secara luas yaitu  mengajarkan  manusia untuk belajar ikhlas, dan senantiasa bersyukur atas semua yang diperoleh dan dicapai selama ini, karena dengan bersyukur akan berimplikasi pada kesehatan emosi dan jiwa baik untuk diri sendiri maupun lingkungannya. Baca  disini : An Attitude of Gratitude.

2Lebih jauh Hamid Arifin  menambahkan, berqurban juga bukan sekedar merupakan ritual penyembelihan herwan qurban seperti sapi, kerbau, domba maupun unta saja  melainkan harus dimaknai sebagai usaha dan  perilaku menyingkirkan beberapa nafsu kebinatangan yang ada pada manusia misalnya serakah, egois, kurang empati dan lain sebagainya.

Dalam akhir kegiatan, ditutup dengan ucapan selamat dan beberapa informasi tentang agenda kegiatan  pengajian dalam rangka pembinaan karakter pegawai  oleh Ketua Pembina Agama Islam UNS, Ir Mukahar, MSCE  yang diikuti oleh jajaran pimpinan dan pejabat structural di Lingkungan UNS   dan dilaksanakan sebulan sekali setiap  Rabu minggu pertama. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: