Tim P2M FISIP UNS Dorong Aktifkan Partisipasi Anak dalam Keterlibatan Musrenbang

1Musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang)  harus melibatkan setiap warga termasuk salah satunya adalah anak.  Anak sebagai bagian dari penerima kebijakan juga harus dilihat dan didengar aspirasinya karena  dengan  melibatkan anak sebagai delegasi dalam penyampaian usulan dan apsirasinya  akan dapat memperlancar komunikasi  diantara pembuat dan  penerima suatu  kebijakan. Hal ini bisa terjadi  karena  terkadang  anak mengalami kendala komunikasi, yang disebabkan  beberapa  orang dewasa yang memaksakan kehendaknya terutama dalam hal pemikiran. Padahal pola pikir anak dan orang dewasa tentunya berbeda, sehingga dengan melibatkan anak dalam  perwakilan forum musrenbang akan memberi ruang dalam menyampaikan pendapat mereka, karena bagaimanapun anak  adalah salah satu generasi dimasa depan.

Melihat kenyataan dilapangan inilah Tim pengabdian pada masyarakat yang terdiri dari empat  dosen Prodi Ilmu Administrasi Negara yaitu Dra. Sri Yuliani, M.Si, Dra. Sudaryanti, M.Si, Dr. Rutiana Dwi W, M.Si dan Tiyas Nur Haryani, S.Sos, M.Si serta  Dra. Rahesli Humsona, M.Si dari Program studi  Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik  Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS), pada hari Sabtu tanggal 3 September 2016, pukul 16.00 – 17.00 WIB di Pendopo Kantor Kalurahan Jebres Surakarta menyelenggarakan kegiatan “Penguatan Kapasitas Forum Anak untuk Mendorong Partisipasi Aktif dalam Musrenbang”. Selanjutnya baca disini : Tim Dosen Prodi Ilmu  Administrasi Negara…

Di hari kedua Minggu juga dilaksanakan sosialisasi kesehatan reproduksi bagi anak bekerjasama dengan Program Studi Biologi UNS. Kegiatan pengabdian ini merupakan salah satu pengabdian Iptek bagi Masyarakat (IbM) yang didanai dari PNBP UNS tahun 2016. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: