FISIP UNS selenggarakan sosialisasi PTN-BH UNS

1Universitas Sebelas Maret (UNS) sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Kota Surakarta  merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan jenjang pendidikan tinggi dalam sistem pendidikan nasional. UNS  berkewajiban  untuk mempersiapkan peserta didik menjadi individu yang diharapkan  memiliki kemampuan akademisdan non akademis  yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan menciptakan serta berinovasi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Guna meningkatkan kualitas pendidikan tinggi yang diakui oleh dunia internasional, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi  terus mendorong setiap perguruan tinggi untuk meningkatkan status perguruan tingginya kejenjang yang lebih tinggi mulai dari perguruan tinggi yang berbentuk satuan kerja, perguruan tinggi berstatus Badan Layanan Umum (BLU) dan Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH).  UNS yang sudah lama menjadi universitas BLU dan sudah  memiliki akreditasi A selama  tiga tahun didorong untuk menjadi perguruan tinggi negeri berbadan hukum menyusul 12 perguruan tinggi lain  seperti ITB, IPB, UGM  dan UI. Alasan lain  UNS harus menjadi PTNBH adalah karena UNS telah dianggap memenuhi persyarakat yaitu  tentang sistem pendidikan tinggi yang dilaksanakan sehingga berada di kluster 1 pemeringkatan BAN–PT, dan upaya mendewasakan lembaga atau kenaikan peringkat dari sebelumnya.2

Hal ini memerlukan kesiapan dari semua komponen sivitas akademik di UNS mulai dari pimpinan hingga mahasiswa.  Untuk itu dalam rangka memberikan pemahahan yang komprehensif tentang perubahan yang ada pimpinan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) menginisiasi  kegiatan Sosialisasi PTN BH UNS yang dibarengkan dengan persiapan perkuliahan semester Agustus 2016-Januari 2017 di Aula FISIP UNS dengan mengundang segenap sivitas akademik FISIP UNS dengan narasumber langsung dari Tim PTN  BH UNS yang diwakili oleh Prof . Pawito ,Ph.D dan jajaran Dekanat FISIP UNS pada hari Kamis, 4 Agustus 2016.

Dalam uraiannya Prof Pawito selaku tim PTN BH UNS menyampaikan saat ini UNS diibaratkan sebagai roket yang siap melesat dalam 500 universitas berskala internasional untuk itu diperlukan pembenahan  dari semua aspek yang ada karena otonomi dalam PTN BH memberi kebebasan pada perguruan tinggi dalam program akademik, kemampuan kreatif dan inovatif dan respon dinamika terhadap semua perubahan global yang terjadi.

3Sedangkan Dekan FISIP UNS,  Prof Ismi Dwi Astuti Nurhaeni ,M.Si untuk mencapai 500 universitas didunia diperlukan perencanaan yang sinergis dari semua komponen yang ada sebagaimana yang tertuang dalam rencana strategis bisnis FISIP UNS tahun 2015-2019 yang telah disepakati bersama oleh sivitas akademik FISIP UNS dilihat dari keunggulan dalam pendidikan dan kemahasiswaan, keunggulan dalam riset, keunggulan dalam transfer dan pengembangan ilmu pengetahuan, keunggulan dalam manajemen pengetahuan, sumber daya manusia, pengembangan tata kelola asset dan system informasi, penguatan proses monitoring, assessment dan evaluasi internal standart mutu serta  keunggulan dalam internasionalisasi dan pencitraan public. (Maryani  FISIP UNS)

print

Share This: